Nasional

Sandiaga Pesan Cawagub DKI Siap Terima Kritik, Jangan Baper

Sandiaga Pesan Cawagub DKI Siap Terima Kritik, Jangan Baper

JAKARTA, - Eks Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berpesan kepada calon penggantinya agar siap menerima kritik dari publik.

Sandi mengingatkan agar kritik-kritik tersebut ditanggapi secara profesional.

"Ini risikonya besar ya, karena sorotan kan dan wakil gubernur ini apalagi sudah menunggu lama. Harus sabar-sabar, jangan baperan," kata Sandi di The Maj, Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Ia juga meminta supaya wagub DKI berikutnya terus berinovasi memecahkan berbagai masalah di ibu kota.

Menurut dia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan sosok yang dinamis sehingga pendampingnya harus mampu mengimbangi.

"Pak Anies itu orangnya cukup dinamis. Intinya Pak Wagub yang barunya ini harus terus proaktif, berinovasi, karena kalau by text book saja di DKI itu enggak akan bisa menyelesaikan masalah," ujar dia. 

"Harus inovasi regulasi-regulasi mana yang bisa kita hadirkan untuk pelayanan publik yang baik," kata Sandi.

Ia pun menilai, dua cawagub DKI, Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis, memiliki kapabilitas yang sama baiknya.

Sandi berharap siapa pun yang terpilih menjadi wagub DKI dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.

"Mereka dua calon yang sudah melalui proses. Kita berharap segera terpilih. Siapa pun yang terpilih tugasnya berat dan harus segera mengeksekusi kebijakan-kebijakan dan Pemprov DKI," ujar dia. 

Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta sepakat untuk menggelar pemilihan orang nomor dua di DKI Jakarta pada Senin (23/3/2020) mendatang.

Tahapannya, sebelum melaksanakan pemilihan, kedua cawagub DKI yakni Nurmansjah Lubis dari PKS dan Ahmad Riza Patria dari Gerindra harus memaparkan visi misi program kerja sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov DKI.

Kemudian akan ada sesi tanya jawab yang juga disebut uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

"Tanggal 23 (Maret) pas paripurna, itu dalam satu kesatuan, setelah tanya jawab visi misi, jawab, kemudian kita break. Persiapan untuk pemilihan," ucap Wakil Ketua Panlih Wagub, Basri Baco di Gedung DPRD DKI, Rabu (4/3/2020).