Nasional

Senin Ini, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna Akan Lantik 42 Pewira TNI AU

Senin Ini, KSAU Marsekal Yuyu Sutisna Akan Lantik 42 Pewira TNI AU

JAKARTA, - Kepala Staf TNI Angkatan Udara ( KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna akan melantik 42 perwira TNI AU pada upacara Wisuda Siswa Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan ke-97 atau Wingday.

Di antara mereka yang dilantik adalah dua perwira perempuan dan dua perwira TNI Angkatan Darat (AD).

Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris mengatakan, pelantikan tersebut akan dilaksanakan pada Senin (18/5/2020) secara simbolis di dua tempat.

Hal itu dilakukan dalam rangka pencegahan wabah virus corona (Covid-19).

"Akan berlangsung secara sederhana di dua tempat dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat sehubungan kondisi pandemi virus Covid-19," kata Yuris dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/5/2020).

Tempat pertama di Markas Besar Angkatan Udara (Mabes AU), KSAU akan menyematkan wing penerbang dan trofi pada dua lulusan terbaik dan satu perwakilan siswa dari TNI AD.

Sedangkan para peserta wisuda lainnya mengikuti upacara dari Wisma Adisutjipto di Yogyakarta dan terhubung melalui jaringan video jarak jauh dengan Mabes AU.

Ia melanjutkan, peserta wisuda yang dilantik akan segera bergabung dengan skuadron yang terdiri dari 34 penerbang pesawat fixed wing dan 10 penerbang rotary wing (helikopter).

Namun, khusus penerbang tempur akan menjalani Kursus Pengenalan Terbang Pesawat Tempur (KPTPT) terlebih dahulu di Skadron Udara 15 sebelum menjalani masa transisi di skuadronnya masing-masing.

"Peraih trofi siswa terbaik kategori fixed wing diraih oleh Letda Pnb Ravi, STr (Han) dari Payakumbuh dan kategori rotary wing Letda Pnb Sandro, STr (Han) dari Pekanbaru," ujarnya.