Nasional

Senin Pagi Ini, Jokowi-Ma'ruf Dijadwalkan Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

Senin Pagi Ini, Jokowi-Ma'ruf Dijadwalkan Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

JAKARTA, - Setiap 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Tahun ini, merupakan yang keempat kalinya Hari Lahir Pancasila diperingati secara nasional.

Presiden Joko Widodo, pada 2016, mengeluarkan keputusan bahwa 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila dan merupakan hari libur nasional.

Penetapan itu dilakukan setelah lebih dari 70 tahun Indonesia merdeka.

Penetapan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 yang diteken Presiden Jokowi di hadapan tokoh nasional saat kegiatan peringatan pidato Bung Karno di Bandung, Jawa Barat.

Keputusan tersebut sekaligus melengkapi Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008 yang telah menetapkan 18 Agustus 1945 sebagai Hari Konstitusi.

Di tengah pandemi

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Senin (1/5/2020) di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Seremonial peringatan itu digelar di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Umum BPIP Karjono memastikan, upacara akan digelar dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.

Diketahui, hingga hari ini masih diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta. PSBB di Ibu Kota baru akan berakhir pada 4 Juni 2020.

"Kita tetap menerapkan protokol Covid-19 saat melakukan kegiatan upacara ini," kata Karjono saat konferensi pers secara daring, Jumat (29/5/2020).

Meskipun di tahun-tahun sebelumnya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di berbagai instansi pemerintahan, tahun ini upacara hanya akan diselenggarakan di Gedung Pancasila, Jakarta.