Nasional

Tiang Beton Tol BORR Ambruk, Arus Lalu Lintas di Bogor Dialihkan

Tiang Beton Tol BORR Ambruk, Arus Lalu Lintas di Bogor Dialihkan

VIVA – Sebuah tiang pancang beton proyek Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) ambruk pada Rabu, 10 Juli 2019. Arus lalu lintas dialihkan karena proses pemulihan konstruksi.

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, akses Jalan KH Sholeh Iskandar, terutama jalur proyek tol, ditutup. Penutupan menyusul material semen cor tiang itu masih basah sehingga roboh. Lokasinya tak jauh dari depan perumahan Taman Sari Persada.

Arus lalu lintas yang menuju Parung dialihkan melalui jalur Jalan Raya Semplak, Lanud Atang Sendjaja. Sementara arus kendaraan dari arah Parung ke Bogor antre karena kesulitan melintas.

Menurut keterangan seorang saksi, fondasi tiang itu ambruk pukul 05.15 WIB. Dia mendatangi lokasi sebelum terdengar suara kencang. "Suara ambruk terdengar selang beberapa menit kita kemari," kata Saibao.

Saat dia tiba di lokasi, katanya, jalan ditutup. Dia tidak mengetahui apakah ada korban dalam peristiwa itu. Masyarakat umum dilarang mendekat ke lokasi itu.

Belum ada keterangan dari PT Marga Sarana Jabar maupun PT Pembangunan Perumahan selaku pelaksana proyek pembangunan Tol BORR seksi IIIA yang sepanjang 2,85 kilometer. Para pekerja tengah membenahi konstruksi yang ambruk mengunakan alat berat.

Jalan Tol Lingkar Luar Bogor atau Bogor Outer Ring Road adalah nama rangkaian jalan tol sepanjang 11 kilometer yang akan melingkari Kota Bogor, menghubungkan Sentul Selatan hingga Simpang Salabenda menuju arah Parung.