Nasional

Sempat Adu Jotos, Habib Umar Assegaf Berdamai dengan Petugas Sotpol PP

Sempat Adu Jotos, Habib Umar Assegaf Berdamai dengan Petugas Sotpol PP

Insiden adu fisik antara Habib Umar Assegaf Bangil dengan petugas PSBB sempat viral di media sosial. Dalam video yang viral, Habib Umar Assegaf terlihat memprotes dan adu jotos dengan petugas Satpol PP ketika mobilnya dihentikan dan diminta putar balik, karena melanggar Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun, tampaknya Habib Umar Assegaf sudah berdamai dengan Petugas Satpol PP bernama Asmadi tersebut. Bahkan, Polda Jatim menjembatani upaya mediasi damai antara Habib dan petugas Satpol PP.

Sebuah video islah antara Habib Umar Assegaf dan Asmadi di kediamannya beredar di media sosial, Sabtu 23 Mei 2020. Terlihat Asmadi meminta maaf dan mencium tangan Habib Umar Assegaf.

Habib Umar Assegaf kemudian memeluk dan mencium kening Asmadi. Disebutkan juga Asmadi mendapat hadiah umroh dari Habib.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Timur Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pihaknya telah bicara dengan pihak Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan instansi petugas PSBB yang terlibat adu fisik di check point Exit Tol Satelit Surabaya, Jawa Timur, Rabu, 20 Mei 2020. Mereka, bersedia saling memaafkan.

"Kepada Habib Umar Abdullah Assegaf, sudah kita lakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kapolres Pasuruan Kabupaten. Kemudian juga dengan yang Satpol PP Kota, kita juga melakukan pendekatan melalui Polrestabes Surabaya. Maka dalam hal ini kita ambil bagaimana hikmahnya," kata Trunoyudo kepada wartawan di Markas Polda Jatim di Surabaya, Jumat, 22 Mei 2020.

Hal itu memicu kritikan dari warganet. Tagar #PolisiTakutJubahPutih menjadi trending di lini massa Twitter, Sabtu 23 Mei 2020. Warganet pun menyoroti perlakuan diskriminatif pihak kepolisian terhadap kasus pelanggaran PSBB yang dilakukan Habib Umar Assegaf dengan pelanggar lainnya.

Yang lain melawan petugas psbb langsung masuk sel Tapi ini...? #PolisiTakutJubahPutih,” cuit seorang warganet.

SATPOL PP ASMADI MINTA MAAF. Gw kirain habibnya yang ngaku salah, ternyata kebalik Hebat emang indonesia, hukum bisa di bolak balik sama yang ngakunya habib. lambungkan tagarnya gaes, sebagai bentuk protes ke POLRI #PolisiTakutJubahPutih,” ucap salah satu warganet yang lain.

 Aksi Habib Umar Assegaf Adu Jotos dengan Petugas PSBB Surabaya