Olahraga

10 Klub Ini Punya Nilai Kontrak Sponsor Apparel Terbesar di Dunia

10 Klub Ini Punya Nilai Kontrak Sponsor Apparel Terbesar di Dunia

Terjalinnya kesepakatan kerjasama apparel raksasa, Nike dengan Liverpool mulai musim 2020/2021 menjadikan armada The Reds Merseyside kini masuk dalam jajaran 3 klub dengan nilai kontrak terbesar dengan sponsor apparel di dunia.

Poin tersebut dikemukakan media Inggris, The Sun yang melansir daftar 10 tim sepakbola di dunia dengan nilai kontrak terbesar dengan sponsor apparel. Dalam list tersebut, klub Premier League mendominasi dengan menempatkan 6 wakilnya.

Meski demikian, dua klub dengan nilai kontrak apparel paling fantastis itu justru bukan dikuasai tim Premier League. Sementara itu, apparel Adidas mendominasi deretan list tersebut dengan terlibat dalam 5 kerjasama kontrak sedangkan Nike hanya ada 4.

Dalam nilai kontrak per tahun itu, Barcelona menjadi yang paling digdaya yang dikontrak oleh Nike dengan nominal £100 juta atau mengungguli nilai Real Madrid bersama Adidas yang nilainya sebesar £98 juta.

Dan yang menghadirkan kejutan tak lain adalah kontrak baru Liverpool dengan Nike yang mencapai angka £80 juta dan berada di urutan ketiga. Di bawah Liverpool ada rival mereka, Manchester United (MU) yang diganjar £75 juta per tahun oleh Adidas.

Selain Barca-Madrid dan 6 wakil Premier League (Liverpool, MU, ManCity, Arsenal, Chelsea, Tottenham), ada dua klub lainnya yakni Juventus dari Serie A Italia dan Bayern Munich mewakili Bundesliga yang berada di posisi 8 dan 9.

Berikut daftar lengkap dari 10 klub sepakbola dengan nilai kontrak sponsor apparel terbesar di dunia: