Olahraga

5 Alasan Positif Olahraga di Malam Hari

5 Alasan Positif Olahraga di Malam Hari

KOMPAS.com - Beberapa orang punya alasan mengapa mereka tidak bisa berolahraga di pagi hari. Misalnya, karena kesibukan pekerjaan di pagi hari atau sekadar karena bukan 'morning person'.

Namun, apapun itu, sebetulnya tidak ada alasan untuk tidak berolahraga karena kita bisa melakukannya di malam hari. Olahraga di malam hari ternyata juga memiliki manfaat yang positif, lho!

1. Tidur lebih nyenyak

Beberapa studi menemukan bahwa orang-orang yang latihan beban di malam hari memiliki kualitas dan durasi tidur lebih baik daripada yang melakukannya di pagi atau siang hari.

Tidur berfungsi untuk pertumbuhan dan pemulihan otot. Namun, tidur yang lebih nyenyak dan panjang akan membuat kita merasa lebih baik dan cukup istirahat di pagi harinya. Kita akan lebih siap menghadapi hari!

2. Olahraga lebih baik

Selain membuat tidur lebih nyenyak, beberapa studi menemukan bahwa olahraga di malam hari bisa secara signifikan meningkatkan pertumbuhan otot dan ketahanan tubuh. Artinya, kita berpeluang mendapatkan manfaat lebih ketika berolahraga di malam hari.

3. Tekanan darah lebih rendah

Sebuah studi dari Journal of Strength Conditioning Reseach menemukan, orang-orang yang latihan di malam hari berpeluang memiliki tekanan darah 15 persen lebih rendah daripada mereka yang olahraga di pagi hari.