Olahraga

7 Manfaat Berolahraga Bersama Teman

7 Manfaat Berolahraga Bersama Teman

KOMPAS.com - Jika selama ini kamu lebih selalu betolahraga sendiri, sekarang saatnya mempertimbangkan untuk mengajak teman atau pasangan berolahraga bersama.

Pasalnya penelitian menunjukkan, memiliki pasangan atau teman olahraga dapat meningkatkan motivasi, suasana hati, dan performa secara keseluruhan.

Berolahraga bersama teman juga membantu membangun kompetisi yang sehat dan membuatnya lebih menyenangkan di antara masing-masing individu.

Terkadang sulit mendorong diri kita sendiri untuk berolahraga sendirian, namun bersama teman latihan yang tepat bisa membuat kita lebih bersemangat.

Ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat berolahraga dengan teman atau pasangan.

1. Mengurangi stres

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Stress Management, peserta yang berolahraga dengan sepeda selama 30 menit bersama seorang teman merasa tenang dibanding mereka yang berolahraga sendirian.

2. Meningkatkan mood

Olahraga bersama teman, rekan kerja atau pasangan akan membuat kita lebih menikmati daripada mereka yang berkeringat sendirian di gym.

Beberapa latihan baru juga bisa dicoba setiap hari saat bersama pasangan. Ini membantu meningkatkan mood dan kamu tidak akan bosan dengan latihan yang selalu sama.

3. Mengurangi cedera

Ketika kita memiliki rekan untuk berolahraga, ia juga akan membantu menjadi pengawas kita selama berolahraga.

Misalnya kita memberi tekanan berlebih pada suatu gerakan, rekan kita tentu akan memberi tahu kita untuk sedikit memperlambatnya, demi mencegah tubuh kita dari cedera.

4. Membangun persaingan sehat

Olahraga bersama teman atau pasangan akan membantu membangun kompetisi yang sehat. Ini memotivasi kita, untuk mendorong diri sendiri lebih keras dan lebih konsisten.

Masing-masing bisa saling bersaing dalam latihan, yang membantu mencapai kinerja dan stamina lebih baik.