Olahraga

Cara Olahraga Terbaik untuk Bakar Lemak Tubuh

Cara Olahraga Terbaik untuk Bakar Lemak Tubuh

- Cara menurunkan berat badan yang paling benar adalah melalui pengaturan pola makan atau diet, yang diimbangi dengan olahraga.

Sebuah teori menyatakan bahwa berolahraga hingga mencapai sekitar 60% dari detak jantung maksimum akan membawa tubuh kita ke dalam apa yang disebut "zona pembakaran lemak". Hal ini berujung pada penurunan berat badan.

Sebelum masuk ke “zona pembakaran lemak”, penting bagi kita untuk memahami metabolisme tubuh.

Sebenarnya tubuh selalu melakukan metabolisme. Bahkan saat duduk di meja sepanjang hari, tubuh masih membutuhkan bahan bakar untuk memenuhi kebutuhan energi. Energi ini berasal dari karbohidrat, protein, lemak, dan fosfat.

Namun, tingkat penggunaannya dan seberapa banyak yang kita miliki, bervariasi pada masing-masing orang. Tergantung pada sejumlah faktor, seperti asupan makanan, usia, jenis kelamin dan seberapa keras atau sering berolahraga.

Dikutip dari Asiaone, olahraga dengan intensitas lebih rendah, seperti jogging ringan tidak akan memerlukan banyak tenaga dibanding berlari cepat. Ini berarti jumlah energi yang dibutuhkan oleh tubuh lebih rendah, sehingga pasokan energi sebagian besar berasal dari lemak.

Tetapi dengan meningkatnya intensitas olahraga, lemak tidak dapat dibakar dengan cukup cepat untuk memenuhi peningkatan permintaan energi. Untuk itu, tubuh akan menggunakan karbohidrat, karena ini dapat diolah lebih cepat.

Sementara itu, ketika sedang istirahat, jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi sangat rendah, sehingga tubuh terutama menggunakan lemak sebagai energi.

Bagi yang rutin berolahraga tidak perlu mengoptimalkan kemampuan untuk memetabolisme lemak, karena ketika intensitas latihan meningkat, maka ada perubahan bertahap dalam keseimbangan lemak dan karbohidrat yang digunakan tubuh untuk menghasilkan energi.

Dengan begitu, kita bisa tahu pada titik mana tubuh akan beralih dari menggunakan lemak ke bahan bakar lain untuk energi.