Olahraga

Dilarang Melintasi Monas, Jalanan Ini yang Bakal Jadi Trek Formula E

Dilarang Melintasi Monas, Jalanan Ini yang Bakal Jadi Trek Formula E

Ajang balap bergengsi Formula E bakal digelar di Indonesia. DKI Jakarta akan menjadi lokasi perhelatan sesi ke-6 adu cepat kendaraan tanpa mesin berbahan bakar itu, atau tepatnya pada Juni 2020.

Kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang mengkaji mengenai rute yang pas untuk dilintasi mobil-mobil bertenaga listrik tersebut. Awalnya, Pemprov DKI merancang kawasan Monas (Monumen Nasional) untuk dilintasi mobil-mobil Formula E.

Namun, pihak sekretariat Negara menolak Formula E melewati kawasan Monas di Jakarta Pusat. Pertimbangannya, Monas merupakan salah satu cagar budaya.

Dengan kebijakan tersebut, Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan, rute yang akan dipakai menjadi sirkuit balapan moderen itu,  Jalan Sudirman dan Jalan M.H. Thamrin di Jakarta Pusat.

"Sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin sedikit belok ke Gelora Bung Karno," ucapnya, Sabtu 8 Februari 2020.

Dengan menjadikannya sebagai lintasan balap, maka Jalan Sudirman dan Thamrin harus memenuhi standar yang telah berlaku di semua sesi balap Formula E.

Mobil balap Mercedes Formula E

"Kriteria lintasan balap, kami pakai grade 3. Artinya jalan arteri atau protokol, sudah memenuhi standart FIA untuk formula E. Kalau yang dipakai Formula One itu kan grade A atau grade 1," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Sekretaris Negara, Setya Utomo. Diketahui bahwa pengelolan kawasan Monas, berada di bawah Komisi Pengarah di Kementerian Sekretaris Negara (Kemensesneg).

"Yang soal Formula E, bisa saya sampaikan hasil rapat Komisi Pengarah, bahwa Komisi Pengarah tidak menyetujui apabila dilaksanakan di dalam area Monas. Kalau di luar, silakan," kata Setya.