Olahraga

Gara-gara Berolahraga di Ruang Tertutup, Muncul 112 Kasus Covid-19

Gara-gara Berolahraga di Ruang Tertutup, Muncul 112 Kasus Covid-19

- Berolahraga di ruang tertutup saat ini tidak dianjurkan, karena hal itu dapat memicu penyebaran virus corona.

Seperti yang terjadi di Korea Selatan, di mana satu workshop kebugaran tari memicu 112 kasus Covid-19, menurut sebuah laporan.

Pada awal Februari, sekelompok instruktur kebugaran tari di Korea Selatan bertemu untuk sesi empat jam aerobik intens dengan 27 orang di ruang kecil.

Tanpa diketahui, di antara mereka ada 8 peserta terinfeksi virus corona, namun belum menunjukkan gejala.

Kurang dari sebulan, virus tersebut telah menginfeksi 112 orang di 12 fasilitas kebugaran yang berbeda di wilayah itu, semuanya terkait kelas kebugaran tari, menurut laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Pelacak kontak mengaitkan merebaknya kasus itu dengan instruktur dari workshop di bulan Februari, yang mengajar dengan menunjukkan gejala Covid-19 ringan, seperti batuk.

Sekitar 50 persen dari 112 kasus ditemukan telah ditransmisikan dari instruktur kepada siswa. Sebanyak 54 siswa dari 214 yang ditemukan terpapar di kelas, atau tingkat infeksi 26 persen, menurut laporan.

Rata-rata, siswa mulai mengalami gejala sekitar 3,5 hari setelah menghadiri kelas kebugaran tari, kata para peneliti.

Kasus lainnya terkait dengan instruktur yang terinfeksi dan siswa yang menyebarkan penyakit ke keluarga, teman-teman lain, dan rekan kerja.