Olahraga

Corona Gerogoti Bulutangkis Dunia, Wakil China Ngotot Main di Inggris

Corona Gerogoti Bulutangkis Dunia, Wakil China Ngotot Main di Inggris

Bulutangkis dunia tengah dihantui wabah Virus Corona COVID-19. Bahkan beberapa turnamen telah dibatalkan karena alasan bahaya virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut.

Terbaru, adalah BWF World Tour Super 300, German Open 2020. Turnamen ini dibatalkan setelah Asosiasi Badminton Jerman (DBV) tidak mendapatkan izin dari otoritas kesehatan setempat untuk melaksanakan German Open. Rencananya akan digelar di Mulheim an der Ruhr pada 3-8 Maret 2020.

"Berdasarkan rekomendasi oleh otoritas kesehatan, internasional, Turnamen bulutangkis German Open dibatalkan," kata Direktur Olahraga dan Kesehatan Mulheim, Marc Buchholz dilansir dari situs  resmi Federasi Bulutangis Asosiasi Badminton Jerman (DBV), Kamis 27 Februari 2020.

Sementara itu, saat berbagai negara tengah melakukan antisipasi pencegahan COVID-19, Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA) berupaya meyakinkan seluruh penyelenggara rangkaian BWF bahwa pemain mereka aman dari virus itu. Bahkan mengklaim bisa berlaga di BWF World Tour Super 1000, All England Open 11-15 Maret di Brimingham Arena.

CBA merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa pebulutangkis mereka dalam keadaan sehat dan tidak terinfeksi COVID-19. Mereka juga menegaskan bahwa sejumlah pemain telah berada di Inggris dalam pelatihan minggu lalu.

“Sejak wabah Coronavirus, ada perhatian besar pada apakah tim Tiongkok dapat melatih dan berpartisipasi dalam turnamen. Kami ingin menjelaskan bahwa anggota Tim Bulutangkis Tiongkok sehat dan tidak ada yang terinfeksi atau diduga terinfeksi," tulis CBA dilansir dari situs resmi BWF, Jumat 28 Februari 2020.

Persoalannya, beberapa turnamen yang telah dilangsungkan pemain China banyak yang mundur. Mereka juga terganjal aturan dari penyelenggara.

Sejak Badminton Asia Team Championships 2020, pebulutangkis China kala itu tak bisa berlaga. Berlanjut ke Spain Masters, juga mendadak mundur.

Dalam hasil undian dan jadwal turnamen Spain Masters, tadinya sempat ada terdaftar lebih dari 10 pebulutangkis China di turnamen ini. Namun, semunya akhirnya dipastikan tak hadir. Mereka mundur berjamaah.

Di sektor tunggal putra ada 5 pemain Ching yang mundur di antaranya Sun Fei Xiang, Li Shi Feng, Lin Dan, Zhao Jun Peng dan Lu Guangzu.

Belum lagi German Open yang baru saja ditetapkan batal digelar, padahal pebulutangkis China sudah siap tampil di sana. Beberapa yang akan tampil antara lain, Shi Yuqi Lin Dan, Zhao Jun Peng,Huang Yu Xiang Chen Long dari tunggal putra.

Ada juga dari tunggal putri, Chen Yu Fei, Wang Zhi Yi, He Bing Jiao, Han Yue. Ganda putra, Li Junhui/Liu Yuchen, Qu Xuan Yi/Zhang Nan.

Ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, Du Yue/Li Yinhui, Dong Wen Jing/Feng Xue Ying, Liu Xuan Xuan/XIa Yu Ting. Ganda campuran ada nama Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Ou Xua Yi/Feng Xue Ying,
Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Baca: Susy Susanti Bicara soal Virus Corona yang Gerogoti Bulutangkis Dunia