Olahraga

Greysia/Apriyani Lumat Duo Gadis Jepang di French Open

Greysia/Apriyani Lumat Duo Gadis Jepang di French Open

VIVA – Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata menjadi korban kedua ganasnya permainan ganda Indonesia di laga perdana BWF World Tour Super 750, French Open 2019.

Mereka dikalahkan ganda putri andalan RI, Greysia/Apriyani di laga rubbergame yang dilangsungkan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Selasa malam 22 Oktober 2019.

Laga langsung sengit sejak game pertama dimulai, apalagi setelah pemegang ranking 16 dunia itu mendapatkan 2 angka beruntun pembuka pertandingan. Greysia/Apriyani langsung membalasnya dan berhasil menyamakan angka pada kedudukan 3-3.

Reli poin terjadi hingga akhirnya setelah angka  sama kuat 6-6, gadis Jepang itu berhasil melejitkan perolehan angka dan hingga jeda pertengahan game mereka berbalik unggul 7-11.

Dalam kondisi tertinggal, juara India Open 2019 itu berusaha lepas dari tekanan Ayako/Yukiko. Sayangnya, lawannya ini sedang dalam penampilan yang baik. Mereka mampu menjaga keunggulan pada kedudukan 9-13.

Bahkan mendekati waktu krusial jelang akhir game, pemegang ranking 6 dunia itu tak juga kunjung bisa mengejar ketertinggalan, mereka masih tertinggal 10-15. Akhirnya di menit 20, Ayako/Yukiko mengunci kemenangan dengan angka telak 13-21.

Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata.

Kemenangan di game pertama membuat Ayako/Yukiko semakin bersemangat saja untuk bisa menyingkirkan Greysia/Apriyani dari turnamen berhadiah tota 750.000 Dolar Amerika Serikat itu.

Hanya saja kali ini tak mudah, Greysia/Apriyani malah unggul cepat 3-0 di awal game. Malah hingga jeda pertengahan game Greysia/Apriyani masih mampu mempertahankan keunggulan 3 angka pada kedudukan 11-8.

Selepas jeda Greysia/Apriyani terus menahan keunggulan. Dan akhirnya di menit 58 mereka mengamankan kemenangan dengan angka 21-16. Laga pun harus dituntaskan melalui game tambahan.

Di game terakhir alias penentu Greysia/Apriyani semakin garang saja, setelah terjadi pertarungan ketat  di awal game, usai angka sama kuat 5-5 mereka mampu berbalik unggul dan meninggalkan jauh Ayako/Yukiko. Pada jeda saja Greysia/Apriyani sudah unggul 11-6.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat menjuarai India Open 2018.

Usai jeda pun Greysia/Apriyani tampil sangat baik, Ayako/Yukiko terlihat kesulitan menembus pertahanan mereka, poin kembali berubah dan Greysia/Apriyani menjauhkan selisih angka pada kedudukan 13-6. Ayako/Yukiko pun akhir dipaksa menyerah dengan angka telak di menit 93 dengan skor akhir 21-16.

Di babak 16 besar mereka akan berhadapan dengan Liu Xuan Xuan/Xia Yu Ting, ganda putri China ini baru saja mengalahkan wakil Rachel Hinderich/Kristen Tsai di babak 32 besar.

Perlu diketahui, Greysia/Apriyani merupakan juara ganda putri French Open 2017. Selama kariernya, mereka sudah 4 kali melawan Ayako/Yukiko dan 3  laga di antaranya dimenangkan Greysia/Apriyani.

Sebelumnya satu ganda Jepang juga tersingkir dari turnamen ini, mereka adalah Kohei Gondo/Ayane Kurihara. Mereka dikalahkan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widajaja. Di hari pertama French Open 2019 ada 3 ganda RI yang bentrok dengan ganda Jepang.

Baca: Ganas di Detik Akhir, Shesar Habisi Pemain Thailand di French Open