Olahraga

Kevin/Marcus Terlempar ke Ranking 11 Tur Bulutangkis Dunia

Kevin/Marcus Terlempar ke Ranking 11 Tur Bulutangkis Dunia

VIVA – Meski masih kokoh menguasai ranking 1 ganda putra bulutangkis dunia. Tapi ternyata Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon terperosok di peringkat bawah ranking 10 besar tur dunia Federasi Bulutangkis Dunia.

Dalam daftar ranking tur dunia terbaru yang diterbitkan BWF, Rabu Legi, 10 Juli 2019, The Minions, bahkan baru saja tergusur dari ranking 10 dunia.

Kevin/Marcus kini turun 1 peringkat ke ranking 11 dunia. Ranking mereka anjlok setelah perolehan poin turnamen yang mereka miliki dilampaui Lu Ching Yao/Yang Po Han.

Di pekan 28 ini, duo Taiwan itu berhasil melejitkan rankingnya 2 peringkat dari ranking 11 ke ranking 9.

Tak cuma Kevin/Marcus yang harus menjadi korban dari proses kenaikan ranking Lu/Yang. Tapi juga ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Lu/Yang di pekan ini menyodok ke ranking 9 tur dunia setelah poin mereka meningkat dari 30.920 menjadi 34.770 poin.

Perlu diketahui, Lu/Yang mendapatkan poin tambahan setelah turun tanding di Canada Open 2019. Di turnamen BWF Super 100 itu dia meraup poin sebesar 3.850.

Di turnamen itu mereka berhasil melaju hingga perempatfinal. Namun gagal ke semifinal karena dikalahkan Mathias Boe/Mads Conrad-Petersen.

Sementara itu, koleksi poin Kevin/Marcus tak mengalami perubahan dan masih bertahan di angka 33.870. Begitu juga dengan Ong/Teo, mereka juga bertahan dengan perolehan poin 34.160.

Ranking tur BWF ini berbeda dengan ranking dunia. Meski begitu, ranking tur BWF sangat penting. Karena, ranking tur BWF bakal menjadi syarat utama ikut tidaknya seorang pebulutangkis di puncak turnamen tahunan BWF berjuluk BWF World Tour Finals.

Pebulutangkis yang bisa berlaga di ajang berhadiah 1,5 juta dolar Amerika Serikat, cuma mereka yang bercokol di posisi 8 besar ranking tur BWF dan pebulutangkis yang bergelar juara dunia saja.