Olahraga

Masalah Ban Motor Menghantui Rossi

Masalah Ban Motor Menghantui Rossi

Valentino Rossi menderita masalah degradasi ban, pada malam terakhir tes pra musim MotoGP yang berlangsung di Qatar, pada 22 hingga 24 Februari 2020. Permasalahan itu diungkapkannya, sangat mirip pada musim 2019 lalu dan menghantuinya saat ini.

Pembalap asal Italia itu diketahui menghabiskan sebagian besar musim 2019 dengan permasalahan keausan ban selama balapan. Hal itu membuatnya absen dari podium pemenang dari putaran keempat hingga selesai.

Rossi merasa cukup baik pada motor baru M1 2020, dan terkesan karena ban juga cukup melekat di aspal. Tapi, lagi-lagi The Doctor merasa kecewa dengan M1, karena kehilangan kendali setelah 5-6 lap. Sementara, pembalap Yamaha lainnya berhasil mendominasi jalannya uji coba.

"Hari ini kami sedikit khawatir karena kehilangan posisi, dan sayangnya saya menabrak dengan ban kedua saya. Saya pikir saya bisa memperbaiki waktu per putaran, tapi ini lebih banyak mengenai kecepatan," ujarnya, dilansir dari Crash, Rabu 26 Februari 2020.

"Kami mencoba membuat putaran sebanyak mungkin, tapi kami memiliki beberapa masalah dengan ban yang sangat mirip dengan tahun lalu. Sayangnya, saya harus memperlambat laju saya, sehingga ini bukan kabar baik," kata dia menambahkan.

Pembalap berusia 41 tahun itu mengungkapkan, jika di awal putaran kecepatannya sangat bagus dan kemudian mengalami masalah, sehingga saat ini tidak cukup untuk mencoba meraih kemenangan jika masih terus bermasalah. Tapi menurutnya, ia akan melihat kembali masalah itu.

"Selama minggu depan, kami akan menganalisis data Valentino dan fokus pada peningkatan umur bannya. Lagi pula, dia tidak jauh dari atas, jadi kami berharap dia bisa tampil dengan baik di depan," kata manajer tim Yamaha, Massimo Meregalli.

"Saya pikir, Vinales, Quartararo Franco, serta Marquez akan menjadi top pembalap untuk musim pembuka. Tapi, kami tidak terlalu jauh dari mereka, jadi perasaan dengan motor akan sangat bagus," ungkapnya.