Olahraga

Peringatan BWF dan Penderitaan Tim Bulutangkis China Akibat Corona

Peringatan BWF dan Penderitaan Tim Bulutangkis China Akibat Corona

Virus Corona COVID-19 sudah semakin menggila. Bulutangkis dunia juga tengah dihantui wabah ini, bahkan beberapa turnamen telah dibatalkan karena alasan bahaya virus yang menyerang saluran pernafasan tersebut.

Meski China menjadi negara penyebar Corona, namun Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) memberikan peringatan keras. BWF meminta para pemain China tidak dipersulit masuk ke negara lain untuk bertanding.

Lebih dari itu, BWF tidak suka hanya karena Corona karier pebulutangkis China jadi dikorbankan. Artinya, jika virus ini semakin menggila dan para pemain China benar-benar tidak boleh bertanding, ini akan menghancurkan karier mereka.

BWF mengeluarkan pengumuman beberapa waktu lalu berjudul  "Implikasi Coronavirus untuk Kompetisi Internasional"

Berikut isi pernyataan BWF Soal Virus Corona:

"Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) terus memantau semua perkembangan resmi mengenai situasi coronavirus dan memiliki beberapa pembaruan penting sehubungan dengan implikasi untuk kompetisi bulutangkis internasional dan kompetisi lainnya.

Federasi menyadari sejumlah negara telah memperkenalkan pembatasan masuk ke wilayah mereka untuk orang-orang dari Tiongkok dan warga negara asing yang telah mengunjungi China dalam 14 hari terakhir.

Selain itu, sejumlah maskapai telah menangguhkan layanan ke dan dari China. Keadaan ini menciptakan berbagai tantangan dan BWF mencari implikasi dari pembatasan perjalanan ini, yang mungkin berarti para pemain dan ofisial dari Tiongkok tidak akan dapat berpartisipasi dalam beberapa turnamen yang dikenai sanksi BWF dengan mudah.

BWF ingin memperjelas, bagaimanapun, bahwa itu tidak akan membatasi partisipasi pemain dan pejabat China, atau pemain atau pejabat lain, di turnamen bulutangkis internasional dan lainnya.

Atlet Tiongkok bebas untuk memasuki acara dan kami percaya tuan rumah turnamen akan memberikan bantuan penuh dan memperlakukan semua atlet dari semua Asosiasi Anggota (MA) secara setara," tulis BWF dilansir VIVA, Jumat 28 Februari 2020.

Pebulutangkis China Kesulitan

Kini, setelah berjalan hitungan bulan, Asosiasi Bulutangkis Tiongkok (CBA) mengakui bahwa COVID-19 ini membawa kesulitan bagi tim bulutangkis mereka. Tak dipungkiri banyak dukungan yang mengalir bagi mereka.

“Sementara wabah Coronavirus telah membawa kesulitan pada perencanaan dan pengelolaan Tim China, kami telah menerima banyak bantuan dan dukungan dari semua pihak," kata CBA.

"Ini adalah tahap kritis untuk mengamankan kualifikasi untuk Pertandingan Olimpiade dan Tim Bulutangkis Tiongkok akan berusaha keras untuk lolos dan memberikan penampilan bagus di Olimpiade," tambahnya.

Bagaimana tidak tersiksa, sejak COVID-19 menggila, mereka menjadi korban dan tidak bisa berlaga. Mulai dari Badminton Asia Team Championships 2020, Spain Masters 2020 dan yang terdekat ini German Open 2020 juga dibatalkan.

Baca: ?Corona Gerogoti Bulutangkis Dunia, Wakil China Ngotot Main di Inggris