Olahraga

Resmi Dilantik, Pordasi Langsung Persiapkan Atlet Muda untuk Olimpiade

Resmi Dilantik, Pordasi Langsung Persiapkan Atlet Muda untuk Olimpiade

Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) masa bakti 2020-2024 resmi dilantik oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Pelantikan dihelat pada Jumat 28 Februari 2020 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Pelantikan ini dilakukan langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, yang disaksikan juga oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali.

Marciano mengaku sangat antusias menghadiri pelantikan ini. Sebab, berkuda merupakan salah satu olahraga favoritnya sejak masih kecil.

"Semoga pengurus baru bisa lebih mengembangkan kualitas pembinaan olahraga berkuda. Selain itu, juga memasyarakatkan olahraga berkuda agar lebih diminati sehingga dapat mandiri dan menguntungkan banyak pihak, mulai atlet hingga lapangan pekerjaan," kata Marciano dalam sambutannya.

Sebagai langkah pertama usai dilantik, Ketua Umum Pordasi, Triwatty Marciano, meminta kepada kepengurusan terkini agar bisa lebih giat lagi mempopulerkan olahraga berkuda, terutama di nomor pacuan, equestrian, poli, dan horseback archery.

Langkah itu diambil sebagai salah satu persiapan menuju Olimpiade 2032. Dan Triwatty menyebut akan diusahakan bekerja sama dengan sektor swasta demi mencapai target tersebut.

"Dengan banyaknya minat masyarakat, potensi kolaborasi dengan pihak swasta untuk pembinaan atlet semakin terbuka. Kita inginkan Indonesia memiliki banyak atlet berkuda terbaik," ujar Triwatty dalam rilis yang diterima VIVA.

“Pada Olimpade 2032 nanti kami meyakini akan mempersembahkan medali di Olimpiade 2032. Ini yang akan kami siapkan," lanjutnya.

Untuk mewujudkannya, Triwatty mengatakan peningkatan kualitas kompetisi akan dilakukan guna mencari bibit atlet-atlet berkuda. Selain itu, peningkatan sarana dan prasaran berkuda juga menjadi bagian penting untuk menunjang prestasi atlet.

“Sarana dan prasaran berkuda juga menjadi bagian penting. Kami akan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membangunnya,” jelas Triwatty.

Menpora Zainudin Amali yang turut hadir tak lupa menyampaikan harapannya agar olahraga berkuda bisa berprestasi di kejuaraan internasional juga melakukan pembinaan berkelanjutan agar mampu bersaing di Olimpiade 2032.

“Pak Presiden serius untuk bisa jadi tuan rumah. Beliau meminta agar bukan hanya sukses menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, tetapi juga dari sisi prestasi,” tutur Zainudin.