Olahraga

Sengit Banget Hajar Thailand, Indonesia Akhirnya Tembus Final WJC 2019

Sengit Banget Hajar Thailand, Indonesia Akhirnya Tembus Final WJC 2019

VIVA – Indonesia akhirnya berhasil tembus ke partai puncak World Junior Championships 2019 setelah menaklukan Thailand dengan skor 3-2. Kemenangan tim Indonesia atas Thailand itu juga sekaligus membayar kekalahan mereka di pertemuan sebelumnya, Asia Junior Championships 2019 lalu.

Seperti diprediksi, pertarungan Indonesia vs Thailand tak berlangsung mulus. Indonesia awalnya mengamankan skor pertama lewat aksi Bobby Setiabudi kontra Kunlavut Vitidsarn, yang merupakan pemain nomor satu dunia junior. Bobby awalnya tertinggal di babak pertama dengan 6-21.

Namun mengejutkan, Bobby membalikkan keadaan di babak kedua dan ketiga hingga akhirnya meraih kemenangan dengan skor 22-20, 21-16. Bobby Setiabudi bahkan jadi tunggal putra junior Indonesia pertama yang mengalahkan Kunlavut Vitidsarn.

"Saya banyak nonton video pertandingan dia dalam beberapa hari ini. Saya tadi hanya selalu siap dengan pengembalian dia dan bisa membaca arah bolanya. Saya juga siap capek dan akhirnya lawan banyak melakukan kesalahan sendiri," kata Bobby di Kazan, Rusia, Jumat 4 Oktober 2019, melansir laman PBSI.

Indonesia pun merengguk kemenangan dari pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Leo/Daniel hanya butuh dua game melawan Thanawin Madee/Ratchapol Makkasasithorn dan menghasilkan skor 21-12, 22-20.

Daniel Marthin pun main rangkap di ganda campuran dan menjadi penentu kemenangan bersama Indah Cahya Sari Jamil melawan Kunlavut Vitidsarn/Phittayaporn Chaiwan dengan skor 21-10, 21-17 saja. Terkait kemenangan mereka, Daniel/Indah mengatakan kuncinya adalah lebih yakin.

"Saya dan Indah kan bukan pasangan tetap, tapi dulu pernah berpasangan, jadi masih bisa klop," ujar Daniel.

"Kami juga tahu kalau mereka pasti enggak sering latihan ganda campuran juga, jadi kami lebih yakin," tambah Indah.

Di babak final World Junior Championships 2019, Indonesia akan bertemu Tiongkok. Melawan tim Tiongkok, Indonesia tak mau terbebani. Mereka ingin tampil terbaik terlebih dahulu.

"Mudah-mudahan kami bisa tampil lebih baik di final dan memenuhi target juara. Pokoknya yang penting main bagus dulu," seru Indah.

Final WJC 2019 akan berlangsung pukul 13.00 waktu Kazan atau pukul 17.00 WIB.