Olahraga

Sikap Berkelas Mendiang Ayah Khabib: Maafkan Dosa Besar Conor McGregor

Sikap Berkelas Mendiang Ayah Khabib: Maafkan Dosa Besar Conor McGregor

Warisan yang ditinggalkan ayah Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap, di dunia mixed martial arts begitu banyak. Bukan cuma soal prestasi mencetak banyak petarung andal, Abdulmanap juga mengajarkan bagaimana menjadi seorang pribadi yang begitu kuat dan mulia.

Salah satu teladan yang diwariskan Abdulmanap adalah soal maaf. Masih ingat dalam ingatan bagaimana seorang Conor McGregor mengincar Khabib Nurmagomedov untuk bertarung kembali di atas oktagon.

Berbagai upaya dilancarkan McGregor demi memancing emosi Khabib Nurmagomedov. Hingga, McGregor melontarkan komentar bernada rasis hingga menyebut keluarga The Eagles sebagai teroris.
VIVA Militer: Abdulmanap Nurmagomedov

Pastinya, sebagian besar keluarga Khabib Nurmagomedov marah. Tapi, tidak dengan Abdulmanap.

Kelakuan McGregor malah dimaafkan Abdulmanap. Bahkan, The Notorious sempat diundang pria yang wafat di usia 57 tahun itu untuk berkunjung ke rumahnya, kawasan Dagestan, Rusia.

"Saya mengundang Conor untuk berkunjung ke rumah. Saya undang sebagai tamu. Dia bisa berkunjung ke Dagestan, kenapa tidak. Semua yang terjadi adalah masa lalu. Tak boleh berhenti sampai di situ, hidup terus berjalan," kata Abdulmanap dilansir Essentially Sports.
VIVA Militer: Khabib Nurmagomedov berlatih bersama sang ayah, Abdulmanap

"Agama kami mengajarkan bagaimana rasa syukur tak cuma diungkapkan lewat perkataan saja, tapi juga perbuatan. Jika dia datang, pasti dihormati layaknya tamu agung," lanjutnya.

Ini merupakan komentar yang memiliki nilai besar bagi dunia MMA. Sebab, tak banyak tokoh dunia beladiri yang bisa melakukan hal macam itu.

Abdulmanap merupakan sosok langka yang bisa bersikap demikian. Maka dari itu, tak heran meninggalnya Abdulmanap sudah menyisakan duka yang begitu dalam terhadap MMA internasional. Pun, McGregor melayangkan duka mendalam terhadap kepergian Abdulmanap.

Keluarga Nurmagomedov sudah memakamkan Abdulmanap. Proses pemakaman digelar sesuai dengan syariat Islam dan mengikuti protokol virus corona COVID-19.