Politik

Perjuangan Fadel Muhammad jadi Ketua MPR Demi Wakili DPD

Perjuangan Fadel Muhammad jadi Ketua MPR Demi Wakili DPD

VIVA – Fadel Muhammad terpilih sebagai pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berdasarkan hasil voting atau suara terbanyak. Anggota DPD asal Gorontalo itu berhasil mengumpulkan 59 suara dalam proses voting di Rapat Paripurna DPD RI, Rabu malam, 2 Oktober 2019.

Dia mengalahkan tiga calon lainnya, yakni Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas dari DIY Yogyakarta yang mengantongi 46 suara, Yorrys Raweyai asal Papua dengan 16 suara, dan Dedi Iskandar dari Sumatera Utara dengan lima suara.

Dengan terpilih sebagai pimpinan MPR perwakilan DPD, dia mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. Fadel juga berharap bisa menjadi Ketua MPR periode 2019-2024.

"Saya diminta oleh teman-teman DPD agar bisa memperjuangkan DPD menjadi Ketua MPR," katanya di kompleks parlemen, Rabu malam, 2 Oktober 2019, seperti dikutip dari VIVAnews.

Menurut mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, DPD merupakan fraksi dengan jumlah terbesar dibanding partai-partai lain sebanyak 136 anggota. Karena itu, pantas jika perwakilannya menjadi Ketua MPR periode lima tahun ke depan.

"Dari pembicaraan yang ada sekarang, itu ada dua kelompok. Kelompok pertama adalah Golkar bersama dengan PPP, kemudian PKB dan NasDem. Kedua adalah kelompok dari Gerindra juga gabungan dengan PDIP. Kelompok ketiga, yaitu Demokrat, PAN dan lain-lain," tutur dia.

Dan untuk bisa mencapai harapan menjadi Ketua MPR, DPD akan bergabung dengan salah satu paket tersebut. Hal itu pun akan dibicarakan di internal DPD.

Dia pun mengaku akan menemui empat partai untuk melakukan lobi, termasuk kepada Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. Fadel akan berkonsultasi dengan Megawati karena merupakan pimpinan partai pemenang pemilu.

Namun, dia kembali menegaskan bahwa sebagai fraksi terbesar, sudah sepantasnya jika perwakilan DPD menjadi ketua MPR. "Yang paling utama, DPD minta karena kita fraksi terbesar, sepantasnya DPD menjadi Ketua MPR RI," ucap Fadel.