Politik

Peta Kekuatan Caketum PAN Jelang Kongres, Siapa Diunggulkan

Peta Kekuatan Caketum PAN Jelang Kongres, Siapa Diunggulkan

Jelang Kongres ke-V Partai Amanat Nasional atau PAN, sejumlah nama calon ketua umum bermunculan. Nama yang beredar seperti calon petahana Zulkifli Hasan, mantan Ketua Fraksi PAN Mulfahri Harahap, Mantan Menpan RB Asman Abnur dan juga ekonom Dradjad Wibowo.

Direktur eksekutif Paramater Politik Indonesia, Adi Prayitno, mengungkap para caketum memiliki karakteristik masing-masing. Nama Asman dan Drajad misalnya, dinilai paling sulit untuk ikut berkontestasi.

"Asman dan Dradjad rasanya baru akhir-akhir ini terlihat turun. Perlu kerja ekstra keras meyakinkan pemilih yang selama 5 tahun tidak disentuh," kata Adi di Cikini, Jakarta Pusat, Jumat 10 Januari 2020 dilansir dari VIVAnews.

Sementara Mulfachri diakui sudah menjadi politikus matang. Namun, Mulfachri dinilai terlalu membawa-bawa nama politikus senior PAN, Amien Rais dalam persaingan ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Amien diketahui hadir dalam acara-acara yang diikuti oleh Mulfachri belakangan ini. Termasuk mengikuti acara yang mendeklarasikan dukungan kepada Mulfachri di Makassar pada akhir bulan Desember lalu.

"Seharusnya Mulfahri berani jadi diri sendiri," ujar Adi.

Sementara caketum petahana Zulkifli Hasan dinilai paling punya posisi yang diunggulkan dalam persaingan ini. Selain status petahana, Zulkifli dinilai paling intens berkomunikasi dengan para pengurus PAN di daerah sejauh ini.

"Petahana punya keunggulan karena memiliki semua sarana untuk menggalang dukungan. Tapi yang paling penting adalah intensitas komunikasi," kata Adi.

Pengamat politik UIN Jakarta ini menilai Zulkifli berpeluang menang jika berhasil menggalang dukungan 30 DPW dan 300 lebih DPD. Hal itu dinilai bisa menjadi kunci mendapatkan pemilik suara di Kongres PAN nantinya.

"Sementara calon lain senyap dan nyaris tanpa pergerakan berarti," kata Adi.