Politik

Pilkada Serentak 2020 Digelar 23 September

Pilkada Serentak 2020 Digelar 23 September

VIVA - Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman menyampaikan usulannya terkait waktu Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020. Arief memilih pesta demokrasi di tingkat daerah itu diselenggarakan pada 23 September.

“Sebagaimana yang telah kita laksanakan pada pemilu-pemilu, kita selalu dilaksanakan pada hari Rabu. Jadi ada beberapa tanggal pilihan hari Rabu di bulan September tahun 2020 dan KPU memilih tanggal 23 September,” ujar Arief dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.

Terkait usulan tersebut, Arief juga menjelaskan, KPU yang akan menyelenggarakan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota tahun 2020 sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Ia juga membeberkan bahwa KPU tengah melakukan persiapan dalam pelaksanaan pilkada ini.

“Jadi persiapan yang pertama KPU telah melakukan rapat pleno dan menyusun draf tahapan pemilihan serentak tahun 2020. Yang pertama perencanaan program dan anggaran itu bulan Mei sampai September 2019. Kemudian kedua menyusun penandatanganan NPHD paling lambat tanggal 1 Oktober. Kemudian sosialisasi mulai 1 November sampai 22 September 2020,” ujar Arief.

Dalam rapat tersebut, Arief juga menjelaskan tahapan penyelenggaraan terkait pilkada. Pendaftaran untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan dilakukan bulan Februari. Sedangkan untuk calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota akan dilakukan bulan Maret.

“Kemudian kampanye. Nah, masa kampanye itu akan dilakukan 1 Juli sampai dengan 19 September. Jadi tiga hari setelah penetapan pasangan calon kemudian akan sudah dimulai masa kampanye. Masa kampanye berdurasi 81 hari,” kata Arief. (ase)

Laporan: Livia Fetrianah