Politik

Prabowo Ingin Anis Cawapres 2019 Buat Gelora Dukung Gerindra di Sumbar

Prabowo Ingin Anis Cawapres 2019 Buat Gelora Dukung Gerindra di Sumbar

Sejumlah partai politik, mulai membangun koalisi dalam rangka pilkada langsung pada 9 Desember 2020. Di antaranya adalah di Pilkada Sumatera Barat. Partai Gerindra resmi mengusung duet Nasrul Abit-Indra Catri.

Keputusan partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu, mendapat dukungan dari partai baru yakni Partai Gelora. Partai yang digawangi oleh sejumlah mantan elit Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini seperti Anis Matta (mantan Presiden PKS), Fahri Hamzah (Wakil Ketua DPR 2014-2019) maupun Mahfudz Sidiq (Ketua Komisi I DPR F-PKS), juga mendukung pasangan calon (paslon) yang diusung Gerindra itu.

Partai Gelora menilai pasangan yang diusung Partai Gerindra itu, adalah pasangan yang tepat untuk melanjutkan kepemimpinan dan pembangunan di Sumbar .

"Karena Pak Prabowo sudah menetapkan Nasrul Abit-Indra Catri sebagai pasangan calon pada Pilgub Sumbar, Partai Gelora menyatakan dukungan," kata Wakil Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Fahri Hamzah dalam keterangannya, Senin, 24 Agustus 2020.

 Golkar Usung Mantan Kapolda di Pilgub Sumbar

Pernyataan dukungan tersebut, dihadiri kedua kandidat pasangan Nasrul Abit-Indra Catri, serta Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade. Fahri mengaku, kenal secara pribadi dengan Nasrul Abit. Dimana saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumbar. Sebagai petahana, menurut dia, Nasul sudah layak untuk melanjutkan kepemimpinan di provinsi tersebut.

"Saya mengajak warga Sumbar untuk mendukung Nasrul Abit-Indra Catri, apalagi seharusnya setelah jabatan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berakhir maka wakilnya Nasrul yang tepat melanjutkan karena sudah memahami persoalan yang ada," katanya.

Fahri juga mengakui, keputusan Gelora ini tidak terlepas dari hubungan baik antar kedua ketua umum partai. Dimana Prabowo sebagai Ketum Gerindra memiliki hubungan yang sangat erat dengan Anis Matta yang kini menjabat Ketum Gelora.

"Pak Prabowo pernah menginginkan Pak Anis jadi wakilnya saat pilpres 2019, ini menunjukkan betapa dekatnya hubungan kedua ketua partai dan akan terus kami jaga termasuk di Sumbar," kata politikus asal Sumbawa NTB itu.

Ia meyakini dan percaya kendati hanya sebatas mendukung dan bukan mengusung, bentuk dukungan elit terhadap calon kepala daerah cukup berpengaruh. Apalagi, menurut Fahri, partai yang baru mereka dirikan itu telah terbentuk strukturnya dengan sangat lengkap di Sumbar.

"Apalagi Partai Gelora di Sumbar strukturnya sudah lengkap hingga tingkat kecamatan, ini juga jadi modal untuk mendukung," kata dia.

Meski Partai Gelora Indonesia belum memiliki kursi di DPRD Sumbar namun Fahri meyakini partainya akan bersama-sama dengan Partai Gerindra memenangkan pasangan ini pada Pilgub Sumbar 2020.

Nasrul Abit merupakan Wakil Gubernur Sumbar periode 2016-2021. Sementara pasangan bakal Cawagubnya yakni Indra Catri menjabat Bupati Agam dua periode sejak 2010 hingga saat ini. Pasangan ini diusung oleh Partai Gerindra yang mengantongi 14 kursi di DPRD Sumbar sehingga telah memenuhi syarat jumlah dukungan pencalonan.