Politik

Profil Eko Patrio, Pelawak yang Kini Jadi Politikus

Profil Eko Patrio, Pelawak yang Kini Jadi Politikus

JAKARTA, – Eko Hendro Purnomo yang kerap disapa dengan nama panggilan Eko Patrio adalah seorang aktor, pelawak, dan politikus asal Indonesia.

Ia telah memulai kariernya di dunia hiburan sejak tahun 1994.

Ia mengawalinya dengan mengikuti sebuah lomba lawak yang diadakan oleh Radio Kejayaan, dengan kelompok lawak Seboel, yaitu Sekelompok Bocah Eling bersama Jejen dan Tejo.

Namun seiring berjalannya waktu, kelompok Seboel bubar dan Eko melanjutkan pendidikannya di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta.

Ketika lulus kuliah, ia kembali membentuk kelompok lawak yang diberi nama Patrio bersama Akri dan Parto.

Kemudian, kelompok lawak itu mulai wara wiri di sejumlah acara televisi hingga akhirnya terkenal.

Selain beraktivitas dengan Patrio, Eko juga mencoba peruntungannya menjadi seorang pembawa acara.

Ia pun berhasil memandu sejumlah acara seperti Kocok-Kocok (2002 hingga 2006), Famili 100 Musim V (2016), dan Famili 100 Musim VI (2017).

Tidak hanya itu, ia juga melebarkan sayapnya dengan terjun ke dunia seni peran. Eko pernah tampil di film Bangun Lagi Dong Lupus (2013).

Setelah menjadi artis yang sukses di Tanah Air, Eko Patrio terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dari Fraksi Partai Amanat Nasional selama dua periode (2009-2014 dan 2014-2019).

Untuk kehidupan pribadinya, ia telah menikah dengan aktris Viona Rosalina di tahun 2001, dan dari pernikahan itu ia telah dikaruniai tiga orang anak.