Politik

Selain Mulan Jameela, Ini Anggota DPR yang Lulusan SMA

Selain Mulan Jameela, Ini Anggota DPR yang Lulusan SMA

Istri Ahmad Dhani Prasetyo (Ahmad Dhani), Raden Terry Tantri Wulansari atau Mulan Jameela kembali disorot oleh publik setelah dilantik menjadi Anggota DPR RI periode 2019-2024.

Mulan mendapatkan nomor anggota 96 Fraksi Partai Gerindra dari daerah pemilihan Jawa Barat XI, itu meliputi Kabupaten Garut, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya.

Nah, Mulan diketahui pendidikan terakhirnya lulusan SMA (Sekolah Menengah Atas) di SMU Negeri Malangbong tahun 1994-1997 berdasarkan informasi dari website DPR RI yakni www.dpr.go.id.

Ternyata, begitu ditelusuri bukan hanya Mulan yang pendidikan terakhirnya SMA sederajat. Tapi, banyak anggota legislatif yang pendidikannya cuma sampai tingkat SLTA sederajat.

Sebenarnya, tidak ada aturan yang dilanggar bagi anggota DPR yang pendidikannya cuma SLTA sederajat. Sebab, dalam aturan memang diperbolehkan syaratnya lulusan SMA.

"Memang syarat pendidikan terendah ya SMA atau sederajat," kata Anggota Komisioner KPU, Evi Novida Ginting Manik saat dihubungi VIVA, Selasa, 5 November 2019.

Menurut dia, dalam Pasal 240 huruf e Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) disebutkan bahwa pendidikan paling rendah tamat sekolah menengah atas, madrasah aliyah, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah kejuruan atau sekolah lain yang sederajat.

"Aturannya dalam UU dalam syarat calon. UU 7/2017," ujarnya.

Untuk itu, tidak perlu lagi diperdebatkan soal pendidikan Mulan Jameela yang hanya lulusan SLTA.

"Ya. Sudah selesai," katanya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan data profil anggota dewan yang diunggah ke website resmi www.dpr.go.id sudah sesuai dengan dokumen yang diberikan oleh anggota DPR periode 2019-2024.

"Data itu ditulis ulang oleh anggota, kita kasih form lagi. Kita masukin data sesuai formulir yang kita kasih ke dewan untuk ditulis tangan," ujarnya.

Namun, ia tidak tahu apakah anggota dewan ada kesalahan tulis tentang data pribadinya atau tidak. Karena, sekarang masih dilakukan pengecekan lagi kepada mereka.

"Saya lagi cek juga sama teman-teman, tapi mereka kan lagi sibuk juga di fraksi masing-masing. Jadi kita kasih kesempatan dulu sampai mereka shuttle, baru nanti kita klarifikasi," kata Indra.

Tapi, Indra menyarankan sebaiknya dikonfirmasi juga kepada Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) terkait data lengkap para anggota dewan tersebut. Sebab, tidak mungkin KPU salah input data.

"Kalau ada yang perlu diklarifikasi, lebih baik tanya ke KPU. Dengan mereka lolos ke Senayan, pasti KPU tidak sembarangan meloloskan orang," jelasnya.

Berikut ini anggota DPR yang lulusan SMA, berdasarkan penelurusan melalui website KPU www.kpu.go.id tentang info pemilu. Kemudian, dicocokkan juga dengan website resmi www.dpr.go.id.

1. H. Yaqut Cholil Qoumas dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia dari daerah pemilihan Jawa Tengah X dan tertulis pendidikan SMA.

2. Tommy Kurniawan dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia dari daerah pemilihan Jawa Barat V dan tertulis pendidikan terakhir SMA.

3. Muhammad Rahul dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Ia dari daerah pemilihan Riau I dan tertulis pendidikan SMA.

4. Sihar P.H Sitorus dari Fraksi PDI Perjuangan. Ia dari daerah pemilihan Sumatera Utara II dan tertulis pendidikan SMA.

5. Rafli dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia dari daerah pemilihan Nangroe Aceh Darussalam I dan tertulis pendidikan SMA.