Politik

Wajah Lama Kembali Warnai Pilkada Makassar

Wajah Lama Kembali Warnai Pilkada Makassar

Sejumlah kandidat telah membulatkan tekad untuk bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah Kota Makassar pada 9 Desember 2020.

Beberapa di antaranya sudah hampir pasti memperoleh tiket dari partai politik pengusung untuk dijadikan persyaratan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Makassar, meski hingga sekarang belum ada satu pun yang resmi mendeklarasikan pasangan.

Wajah lama yang bakal menyemarakkan kembali Pilkada Makassar kali ini, seperti kandidat petahana (incumbent) Mohammad Ramdhan Pomanto alias Danny, mantan Wakil Wali Kota Makassar Syamsul Rizal alias Deng Ical, adik kandung Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Irman Yasin Limpo alias None, yang pada Pilkada Makassar beberapa tahun silam sempat kalah bertarung, serta Chief Executive Officer (CEO) PSM, Munafri Arifuddin alias Appi, yang sebelumnya dikalahkan oleh kotak kosong.

 Pilkada di Tengah Pandemi, Jokowi: Keselamatan Pemilih Jadi Prioritas

Melalui sejumlah poster yang tersebar di dalam Kota Makassar, Danny menggandeng mantan anggota DPR RI, Fatmawati Rusdi. Sementara itu, Deng Ical berpasangan dengan dr. Fadli Ananda, pemilik sebuah perusahaan rumah sakit ibu dan anak di Makassar.

None dengan Andi Zunnun Nurdin Halid, putra mantan tokoh sepak bola nasional, Nurdin Halid. Adapun Appi akan berpasangan dengan Abdul Rahman Bando, yang saat ini masih menjabat sebagai kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar.

M. Fadli selaku juru bicara Appi, telah memastikan Abdul Rahman Bando sudah mengajukan pengunduran diri sebagai aparatur sipil negara kepada Kementerian Dalam Negeri untuk dapat ikut pencalonan dan berpasangan dengan menantu pendiri Bosowa Group, Aksa Mahmud, tersebut.

“Setelah menerima SK pengunduran diri, baru kemudian akan dideklarasikan pasangan Appi-ARB,” ujarnya.

Soal rekomendasi dari parpol pengusung, masih ada yang terjadi tarik ulur yang dikhawatirkan pada upaya ‘pembegalan’ rekomendasi parpol, seperti yang dialami PKS. Di sisi lain, PKS tingkat Kota Makassar dan Wilayah Sulawesi Selatan telah menyetujui pasangan Syamsul Rizal-Fadli Ananda sebagai kandidat usungan.

Namun, kabar yang beredar tetapi belum bisa dipastikan lantaran rekomendasi belum keluar, konon DPP PKS justru lebih cenderung ke pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Nurdin Halid. (art)