Tekno

2.000 iPhone Dibagikan ke Penumpang Kapal "Diamond Princess" akibat Corona

2.000 iPhone Dibagikan ke Penumpang Kapal

Pemerintah Jepang membagikan lebih dari 2.000 iPhone kepada semua penumpang kapal pesiar Diamond Princess, yang terisolasi di perairan Jepang akibat wabah virus corona di kapal.

Di dalam kapal tersebut terdapat 3.500 penumpang dari beberapa negara dan lebih dari 286 di antaranya telah dikonfirmasi mengidap virus corona. Karena itu, kapal tersebut dikarantina sejak 15 Februari 2020.

Pembagian 2.000 iPhone (belum diketahui serinya) itu ditujukan agar penumpang dapat mengakses aplikasi milik Kementerian Kesehatan Jepang, dan memungkinkan mereka untuk berkonsultasi langsung dengan para dokter.

Sebab, banyak penumpang yang tidak dapat mengunduh aplikasi dimaksud, baik dari Apple App Store (iOS) maupun Google Play Store (Android), karena perangkat yang mereka pakai bukan spesifik untuk pasar Jepang.

"Kami akan menyediakan sekitar 2.000 unit iPhone yang dioperasikan oleh Softbank, dan akan ada satu unit telepon per kabin, di setiap kabin penumpang, dan kamar kru," tulis situs Macotakara, dikutip KompasTekno, Kamis (20/2/2020).

Di setiap iPhone telah disediakan aplikasi-aplikasi milik Kementerian Kesehatan Jepang untuk konsultasi, permintaan obat, serta kebutuhan lain untuk menenangkan para penumpang.

Dilansir Business Insider, pihak berwenang Jepang menduga wabah corona di kapal Diamond Princess itu ditularkan oleh seorang penumpang pria dari Hong Kong sejak perjalanan awal, kemudian turun dan didiagnosis positif Covid-19.

"Jelas ada banyak kasus di lingkungan yang sangat tertutup di kapal itu," tutur Michael Ryan, Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia.

Kabarnya, 400 warga negara Amerika Serikat yang berada di kapal tersebut pada Minggu (23/2/2020) nanti akan segera ditransfer kembali ke negara masing-masing.