Tekno

Ada Virus Corona, Toyota Sematkan Wastafel di Kabin Kijang Innova

Ada Virus Corona, Toyota Sematkan Wastafel di Kabin Kijang Innova

Multi Purpose Vehicle atau MPV, merupakan jenis kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat di Tanah Air. Kabinnya yang lega, membuat mobil ini bisa dipakai untuk mengangkut penumpang sekaligus barang saat melakukan perjalanan.

Fungsionalitas dari mobil jenis MPV, ternyata bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berbeda. Salah satunya dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor, yang menyulap produk Innova tipe G berbahan bakar bensin menjadi mobil ambulans.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, mobil Innova ambulans tersebut masuk dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) Toyota Indonesia di tengah masa pandemi COVID-19.

"Salah satu sumbangan atau CSR Toyota Indonesia ke PMI itu, ada juga dua unit Innova (ambulans) yang kami sumbangkan. Itu bagian dari kesiapan untuk memenuhi kebutuhan dari Rumah Sakit," ujarnya dalam konfrensi pers virtual, belum lama ini.

Dua Pekerja Pabrik Kena COVID-19, Tak Pengaruhi Aktivitas Toyota di RI

Mobil keluarga yang disulap menjadi ambulans tersebut, kata Anton, sesuai dengan kebutuan konsumen. Innova versi ambulans ini dilengkapi tempat tidur pasien yang bisa dibawa keluar, tabung oksigen, tempat infus, kursi untuk paramedis, serta wastafel untuk mencuci tangan di kabinnya.

Sayangnya, saat ini TAM sebagai Agen Pemegan Merek (APM) mobil Toyota belum berencana menjualnya kepada publik. Anton mengatakan, pihaknya saat ini menawarkan produk Hi-Ace sebagai kendaraan untuk membawa orang sakit ataupun yang membutuhkan pertolongan darurat.

Kijang Innova yang disulap menjadi ambulans

"Pembeli Hi-Ace biasanya butuh yang space-nya lebih besar dan peralatan lebih lengkap. Jika hanya sekedar transportasi, dan tidak membutuhkan perlengkapan banyak, rasanya Innova ambulans juga bisa menjadi pilihan," tuturnya.