Tekno

Alasan Samsung Menambah Huruf "Z" di Smartphone Lipat Fold 2

Alasan Samsung Menambah Huruf

- Tahun lalu, Samsung memerkenalkan ponsel layar lipat pertamanya, Galaxy Fold. Penerus dari ponsel ini diumumkan pekan lalu dengan mengusung nama Galaxy Z Fold 2.

Galaxy Z Fold 2 membawa perubahan yang signifikan. Selain spesifikasi, Samsung juga mengubah nama lini Fold dengan menambahkan huruf "Z" di depannya.

Penamaan ini, serupa dengan Galaxy Z Flip, ponsel layar lipat berbentuk clamshell yang dirilis Februari lalu. ( Resmi, Samsung Galaxy Z Flip Dibanderol Rp 18 Juta)

Menurut Head of IM Product Marketing Samsung Indonesia, Denny Galant, huruf "Z" tersebut dibubuhkan sebagai penanda untuk seri ponsel layar lipat, selayaknya seri "S" atau "Note".

Denny menambahkan, perubahan nama ini juga untuk mempertegas kehadiran Samsung di kategori ponsel baru yakni foldable phone.

"Makanya the next generation dari Galaxy Fold ini kami sebut dengan Galaxy Z Fold 2. Sejauh ini nama itu digunakan untuk menandakan kategori layar lipat," kata Denny kepada KompasTekno, Kamis (13/8/2020).

Galaxy Z Fold 2 sendiri kemungkinan besar akan segera masuk ke Indonesia. Namun, Denny belum dapat memastikan tanggal pasti dan banderol harganya.

"Kapannya, kami belum bisa memastikan," pungkas Denny.

Samsung resmi mengumumkan kehadiran ponsel lipat generasi terbarunya, Galaxy Z Fold 2, bersamaan dengan Galaxy Note 20 series dan sejumlah perangkat anyar lainnya, di sebuah acara peluncuran virtual pekan lalu.

Secara penampilan, Galaxy Z Fold 2 tampil lebih elegan. Tidak ditemui notch atau poni lebar di layar OLED bagian dalam, sebagaimana pendahulunya.

Dari segi hardware, Galaxy Z Fold 2 ditenagai chipset Snapdragon 865 Plus yang dipadu dengan kombinasi RAM dan memori internal 12 GB/256 GB dan 12/512 GB. Baterainya berkapasitas 4.365 mAh yang didukung fast charging 15 watt.

Samsung Galaxy Z Fold 2.Samsung Samsung Galaxy Z Fold 2.

Samsung belum mengumumkan ketersediaan atau harga Galaxy Z Fold 2 saat peluncuran. Namun Samsung berjanji akan memberi informasi lebih detail tentang hal tersebut pada 1 September, saat pre-order juga mulai dibuka.