Tekno

Atasi Polusi Jakarta, Qlue Siapkan Jurus Pohon Pintar

Atasi Polusi Jakarta, Qlue Siapkan Jurus Pohon Pintar

Startup teknologi solusi kota pintar, Qlue berencana merilis teknologi yang bisa menyaring polusi di kota-kota yang memiliki kualitas udara terburuk, seperti Jakarta. Ibu Kota Indonesia ini selalu menduduki peringkat kota dengan kualitas buruk di dunia.

"Seperti kita tahu, Jakarta kan selalu menduduki lima teratas soal kualitas udara terburuk. Solusinya mungkin dengan menanam pohon," kata Chief of Technology Qlue, Andre Hutagalung di Jakarta, Selasa 17 Desember 2019.

Tapi sayangnya, menanam pohon tidak bisa tumbuh dalam waktu cepat. Untuk itu, Qlue bakal mengenalkan tanaman buatan yang menyaring udara dan polusi Jakarta.

Rencananya, alat antipolusi ini akan mereka kenalkan pada Februari 2020. Perusahaan rintisan ini mengklaim alat yang dimaksud ini bisa jadi alternatif untuk masalah kurangnya pepohonan di beberapa daerah di Jakarta.

"Kita mau buat suatu alat yang bisa menyaring C02 menjadi 02. Kita gunakan tumbuhan, tapi bentuknya compact. Jadi bisa diletakkan di mana saja. Karena Jakarta sudah padat, buat menanam aja sudah sulit," ujarnya.

Satu pohon buatan ini bisa menyaring udara seperti layaknya 200 pohon sungguhan. Keunggulannya lagi, alat ini hanya membutuhkan daya dari sinar Matahari.

Dalam kesempatan ini, Qlue membagikan pencapaian mereka pada 2019. Pertumbuhan bisnis perusahaan persentasenya di atas 50 persen dibanding tahun lalu.

"Pencapaian ini didorong tiga faktor, fokus pengembangan produk solusi smart city, ekspansi bisnis di dalam dan luar negeri serta kolaborasi dengan mitra bisnis yang memiliki kesamaan visi dan misi," ujar Founder and CEO Qlue, Rama Raditya.