Tekno

Batasi Tontonan Anak di Netflix dengan PIN dan Filter, Begini Caranya

Batasi Tontonan Anak di Netflix dengan PIN dan Filter, Begini Caranya

Netflix merupakan salah satu layanan penyedia video on-demand terpopuler di dunia. Ada banyak konten yang disediakan, tapi tak semuanya cocok dikonsumsi untuk anak.

Untuk memudahkan para orang tua dalam mengendalikan tontonan keluarga, perusahaan asal AS itu belakangan menghadirkan fitur parental control baru berupa PIN untuk mengunci profil dan filter konten.

"Kami berharap kontrol tambahan ini, bersama dengan beragam serial dan film kami yang bebas iklan, memungkinkan orang tua membuat pilihan yang tepat untuk hiburan keluarga mereka,” ujar Kids Product Manager Netflix Michelle Parsons dalam keterangan tertulisnya (8/4/2020).

Rangkaian fitur baru tersebut bisa diakses lewat laman pengaturan akun di situs web netflix di tautan berikut. Scroll ke bawah untuk menemukan bagian “Profile and Parental Control”. Di sini orang tua bisa mengatur profil masing-masing anggota keluarga.

Fitur kunci PIN untuk mengamankan profil di Netflix supaya tidak bisa diakses orang lain pengguna akun yang sama.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Fitur kunci PIN untuk mengamankan profil di Netflix supaya tidak bisa diakses orang lain pengguna akun yang sama.
Fasilitas kunci PIN bisa dipakai untuk mengamankan profil agar tidak bisa diakses oleh orang lain pengguna akun yang sama, misalnya supaya profil orang tua tidak bisa dibuka oleh anak.

Untuk mengaktifkannya, tekan tombol panah ke bawah (drop down) di sisi kanan gambar profil, lalu pilih “Profile Lock” dan masukkan password akun.

Selanjutnya, tinggal pilih PIN empat angka yang diinginkan dan simpan pengaturan.

Sementara itu, filter konten bisa dipakai untuk menyaring konten mana saja yang dibolehkan untuk ditonton lewat profil anak, berdasarkan rating umur.

Cara mengaktifkannya, pilih menu “Viewing Restriction” dari menu drop down tadi. Di sini tersedia opsi mengatur konten dengan rating umur apa saja yang bisa ditonton (Maturity Rating).

Ada lima tahapan yang disediakan secara berurutan, yakni “All (semua umur)”, 7 tahun ke atas, 13 tahun ke atas, 16 tahun ke atas, dan 18 tahun ke atas.

Ada juga opsi untuk mengubah profil sebagai “Kids Profile”, Apabila opsi ini diaktifkan, maka tontonan konten secara otomatis akan dibatasi hanya mencakup yang memiliki rating semua umur dan 7 tahun ke atas saja.

Viewing Restrictions digunakan sebagai filter konten mana saja yang boleh dikonsumsi oleh pengguna profil tertentu di Netflix, berdasarkan rating umur. Bisa juga memasukkan judul konten secara manual untuk dibatasi.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Viewing Restrictions digunakan sebagai filter konten mana saja yang boleh dikonsumsi oleh pengguna profil tertentu di Netflix, berdasarkan rating umur. Bisa juga memasukkan judul konten secara manual untuk dibatasi.

Dalam menu yang sama, di bagian “Title Restrictions”, pengguna juga bisa memilih konten yang tidak boleh ditonton lewat profile tersebut, dengan cara memasukkan judulnya secara manual.

Konten yang dibatasi dengan cara ini tidak akan muncul lewat profil meskipun batasan umurnya tercakup dalam Maturity Rating.

Selain itu, para orang tua juga bisa melihat konten apa saja yang dikonsumsi oleh anak lewat pilihan “Viewing Activity” di menu drop-down, berikut mengatur autoplay dan konsumsi data di “Playback Settings”.