Tekno

Belum Diluncurkan, Mobil Kencang Seharga Rp73 Miliaran Ludes Terjual

Belum Diluncurkan, Mobil Kencang Seharga Rp73 Miliaran Ludes Terjual

Sebelum memasarkan sebuah produk baru, biasanya perusahaan otomotif memperkenalkannya terlebih dahulu kepada khalayak. Namun, cara tersebut tidak berlaku di kalangan penggemar mobil kencang.

Sebab, ada produk baru Pagani yang sudah ludes terjual. Padahal, mobil kencang buatan produsen otomotif Italia itu baru dijadwalkan tampil perdana di pameran otomotif Geneva Motor Show di Swiss, pada Maret 2020 mendatang.

Hypercar terbaru Pagani itu diberi nama Imola varian Hardcore. Mobil spesial tersebut hanya akan dibuat sebanyak lima unit, dan diinformasikan semuanya sudah dimiliki konsumen.

Nama Imola sendiri berasal dari sebuah tempat di Italia, yang memiliki sirkuit balap. Kehadiran produk baru ini, diketahui dari unggahan foto seorang pemiliknya di media sosial, pada September 2019 lalu.

Mobil Tesla Mirip Punya 'Crazy Rich Priok' Kena Recall

Memiliki Pagani Imola Hardcore bukanlah perkara mudah, karena banderol sangat mahal. Konsumen yang ingin menebus mobil ini harus menyiapkan dana setidaknya USD5,4 juta atau setara dengan Rp73,89 miliar.

Lantas, apa spesialnya mobil berbanderol puluhan miliar tersebut? Founder and Chief Designer of Pagani Automobili, Horacio Pagani menyebut, mobil baru itu bukanlah kendaraan elegan untuk dikendarai, namun bisa berjalan cepat di lintasan aspal.

"Kami menginginkan sebuah kendaraan yang efisian, dan bisa jadi sesuai ekspetasi pengemudi ketika melihat mobil balap Formula One. Mobil itu mengajarkan kami meembuat kendaraan yang aerodinamis," ujarnya dikutip dari Carscoops, Senin 17 Februari 2020.

Untuk membuat mobil ini, Paganai Automobili menggunakan sasis monocoque, yang diperkuat dengan bahan Carbo-Titanium dan Carbo-Triax. Komponen di dalam mobil juga kini banyak menggunakan bahan alumunium untuk mengurangi bobotnya.

Pagani Imola Hardcore diketahui memiliki bobot 1.246 kilogram. Jantung penggeraknya berasal dari mesin V12 twin-turbo berkapasitas 6.000cc, menghasilkan 827 HP dan torsi 1.100 Nm. Tenaga dikirim ke roda belakang melalui sistem transmisi tujuh percepatan Xtrac.

Semua detail pada mobil kencang ini sangat diperhitungkan, termasuk penggunaan cat untuk mewarnai bodinya. Pagani Imola menggunakan teknologi 'Acquarello Light' yang diklaim memangkas hingga 5 kilogram, namun tak membuat warnanya cepat pudar.