Tekno

Berapa Sih Tekanan Angin Standar buat Ban Mobil, Ini Jawabannya

Berapa Sih Tekanan Angin Standar buat Ban Mobil, Ini Jawabannya

VIVA – Semua komponen yang dipasang di kendaraan bermotor, memiliki fungsi penting. Termasuk, ban karet bundar yang menempel pada pelek roda.

Dengan adanya ban, maka semua permukaan jalan bisa dilalui dengan lebih nyaman. Sebab, di dalam ban ada udara bertekanan yang bisa memberikan rasa empuk saat melintasi jalan rusak.

Sama seperti komponen lain, jumlah tekanan udara di dalam ban juga ada standarnya. Jika terlalu banyak atau sedikit, akan memengaruhi usia pemakaian ban, kenyamanan, serta kestabilan kendaraan itu sendiri.

“Ban itu, sebenarnya nyawanya ada di angin. Jadi, yang pertama fokus di tekanan angin. Biasanya, tekanan angin 32 sampai 35 psi (per square inch), itu yang pertama.” ujar National Sales Manager Hankook Tire Indonesia di Jakarta, Apriyanto Yuwono, Rabu 15 Mei 2019.

Selain tekanan ban, kata Apriyanto, cara berkendara juga berpengaruh banyak pada berapa lama ban itu bisa dipakai. Kuncinya, tuturnya, adalah mengontrol bukaan gas.

“Dengan terlalu main gas, otomatis kerja atau gesekan ban dengan aspal dan beton semakin keras, sehingga ban mudah menipis,” ungkapnya.

Laporan Chalilka Putra/Jakarta