Tekno

Bos Amazon: Pergi ke Bulan Bagian dari Menyelamatkan Bumi

Bos Amazon: Pergi ke Bulan Bagian dari Menyelamatkan Bumi

VIVA – Bos Amazon Jeff Bezos mengungkapkan bahwa kelangsungan hidup manusia bergantung pada menjajah luar angkasa, dan proses tersebut dapat dimulai dari Bulan.

Hal itulah yang melatarbelakangi alasan mengapa salah satu perusahaannya, Blue Origin, bekerja untuk bisa mendarat di Bulan.

Dia mengatakan menggunakan Bulan sebagai bagian dari rencananya untuk menyelamatkan umat manusia. Caranya dengan membantu membangun infrastruktur yang diperlukan untuk kolonisasi di luar angkasa.

"Alasan kami harus pergi, menurut saya, adalah untuk menyelamatkan Bumi. Jika kita akan terus menumbuhkan peradaban, kita perlu bergerak dan saya berbicara tentang sesuatu yang akan dikerjakan cucu-cucu kita dan cucu mereka dan seterusnya. Ini bukan hanya akan dicapai oleh generasi sekarang saja," kata Bezos, dilansir Science Alert, Minggu, 9 Juni 2019.

Bezos menambahkan, Bulan menjadi tempat pendaratan sempurna untuk kebutuhan ruang angkasa dalam berbagai alasan. Satelit Bumi itu memiliki air dalam bentuk es, selain itu juga dekat dengan Bumi yang ditempuh tiga hari perjalanan.

Bulan juga memiliki akses untuk energi matahari. Selain itu dia mengungkapkan gravitasi benda langit tersebut lebih ringan yang artinya 24 kali lebih sedikit energi untuk mengangkat satu pon di Bulan dibandingkan di Bumi.

"Untuk melakukan sesuatu yang besar di luar angkasa, kita membutuhkan sumber daya. Jadi Bulan sangat hebat," ujar dia.

Dia menuturkan nantinya industri-industri berat yang mampu membunuh Bumi bisa dipindahkan. Luar angkasa menjadi pilihan terbaik untuk hal tersebut.

Sedangkan Bumi akan dijadikan zona perumahan serta industri ringan.

Bezos sendiri baru saja meluncurkan kendaraan untuk pendaratan di Bulan. Blue Moon didesain untuk mengirimkan sejumlah muatan dengan tujuan utama membantu manusia membangun kehadiran mereka di sana.