Tekno

Cakep, Royal Enfield akan Luncurkan Motor Rp20 Jutaan

Cakep, Royal Enfield akan Luncurkan Motor Rp20 Jutaan

VIVA – Salah satu jenis sepeda motor yang kini digemari di Indonesia, adalah model klasik. Beberapa orang tampaknya ingin bernostalgia dengan kuda besi lawas mereka, yang sudah lama dijual dan tidak mungkin lagi dimiliki kembali.

Ada juga kaum muda yang ingin tampil beda, dan memilih untuk mengendarai motor baru namun berpenampilan klasik. Pangsa pasar seperti ini yang dianggap ideal oleh pabrikan Royal Enfield.

Merek motor asal Inggris yang kini dimiliki oleh perusahaan asal India itu, menawarkan produk mereka dengan banderol yang cukup terjangkau. Di Negeri Hindustan, model RE Thunderbird 350 dijual Rp31 jutaan.

Namun, harga itu dianggap masih kurang terjangkau oleh beberapa orang di India. Oleh sebab itu, RE memutuskan untuk menghadirkan vesi murahnya.

Dilansir dari Indianautosblog, Senin 7 Oktober 2019, Thunderbird 350 akan hadir dalam spesifikasi yang lebih rendah. Hal ini pernah mereka lakukan sebelumnya, pada model Classic 350.

Beberapa ubahan yang dilakukan, yakni mengganti rem belakang dengan sistem tromol, serta memakai material yang lebih murah pada beberapa komponen.

Karena sistem pengereman cakram hanya tersedia di roda depan, maka alat bantu anti-lock braking system atau ABS diganti dengan model satu kanal. Dengan semua ubahan itu, harga jual bisa lebih murah 9.000 Rupee, atau sekitar Rp1,8 juta.

Artinya, motor yang akan hadir dalam waktu dekat itu bakal dijual dengan harga Rp29 jutaan. Sayangnya, jika masuk ke Indonesia banderol bisa ada di atas Rp50 juta, karena konsumen harus membayar pajak impor dan beberapa bea lainnya.