Tekno

Cara Menyimpan dan Berbagi Data di Line Lewat Fitur Keep

Cara Menyimpan dan Berbagi Data di Line Lewat Fitur Keep

Sejak kemunculannya tahun 2012 lalu, Line menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia selain Whatsapp.

Tak hanya sebagai aplikasi perpesanan, Line juga memiliki layanan Keep untuk menyimpan data seperti percakapan, foto, video, audio, link, dan dokumen pada aplikasi Line.

Layanan Keep milik Line mengandalkan cloud untuk menyimpan data pengguna sehingga data yang disimpan tidak akan memakan memori internal pada ponsel.

Line menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB secara cuma-cuma untuk pengguna Keep. Meski gratis, Line memiliki batasan tertentu terkait ukuran dokumen yang bisa disimpan di layanaan Keep.

File yang memiliki ukuran lebih dari 50 MB, tidak akan tersimpan secara permanen pada Keep. File tersebut hanya akan disimpan selama 30 hari.

Hal ini dapat dilihat pada informasi hitung mundur yang tersedia di daftar file. Selain itu, layanan Keep juga hanya dapat menyimpan foto dengan ukuran maksimal 20 MB dengan resolusi maksimal 10.000 x 10.000 piksel.

Lantas bagaimana cara menggunakan Keep?

Untuk dapat menyimpan data pada Keep, caranya cukup mudah. Pengguna cukup membuka aplikasi Line dan pada menu "Friends" pilih "Keep" yang terletak di samping foto profil.

Cara menyimpan data dalam KeepKOMPAS.com/ KEVIN RIZKY PRATAMA Cara menyimpan data dalam Keep

Kemudian tekan tombol tambah/plus (+) pada sisi kanan atas dan pilih kategori file yang ingin Anda simpan. Setelahnya, pilih file yang ingin disimpan pada Line Keep.

Selain cara tersebut, ada pula cara yang lebih praktis untuk menyimpan data pada Line Keep.

Pengguna dapat langsung menyimpan data pada obrolan dengan memilih foto, file atau percakapan yang ingin disimpan.