Tekno

COVID-19, Pengiriman Global Smartphone Menurun: Xiaomi Salip Huawei

COVID-19, Pengiriman Global Smartphone Menurun: Xiaomi Salip Huawei

Produsen ponsel China saling menyalip di peringkat lima besar smartphone dunia pada Februari 2020. Xiaomi berhasil salip Huawei dan duduk di peringkat ketiga.

Berdasarkan data Strategy Analytics, Huawei hanya mengirimkan 5,5 juta smartphone sedangkan Xiaomi membukukukan 6 juta, dikutip laman GSM Arena, Rabu, 25 Maret 2020.

Jumlah keduanya menurun dari bulan Januari. Xiaomi mencatatkan pengiriman 10 juta smartphone dan Huawei 12,2 juta yang artinya mengalami penurunan tajam.

Huawei mulai kehilangan posisi di luar China akibat kurangnya aplikasi dan layanan Google. Ini berbeda dengan perusahaan lain seperti Xiaomi yang memiliki harga saing di bawah mereknya.

Huawei juga menunjukkan tren penurunan pengiriman ponsel sejak Oktober 2019. Saat itu ada 22,2 juta pengiriman yang dilakukan, menurun ke angka 19,6 juta di bulan berikutnya.

Akhir tahun, jumlahnya menurun lagi 14,2 juta saja. Namun total jumlah pengiriman yang dilakukan Huawei selama kurun 2019, masih cukup banyak yaitu 240,5 juta hanya berada di bawah Samsung dengan 295,1 juta.

Samsung juga masih menjadi produsen nomor satu di dunia. Dalam laporan tersebut, di bulan Februari masih melakukan pengiriman sebanyak 18,2 juta.

Di peringkat dua ada Apple yang membukukan 10,2 juta pengiriman smartphone. Berada di posisi lima ada Oppo yang melakukan pengiriman 4 juta ponsel di bulan lalu. Peringkat enam diduduki Vivo dengan 3,6 juta smartphone.

COVID-19 sendiri juga menggrogoti industri smartphone di China pada Februari lalu. Tapi negara tersebut mulai berangsur membaik, sementara  pasar di negara barat belum merasakan puncak pandemi ini.