Tekno

Fitur Ini Bantu Konsumen Pantau Detail Sudut Ruangan Dalam Sekejap

Fitur Ini Bantu Konsumen Pantau Detail Sudut Ruangan Dalam Sekejap

Induk usaha Rumah.com, PropertyGuru Group, menghadirkan fitur digital baru bertajuk StoryTeller ke dalam platform PropertyGuru Fastkey untuk mempermudah site visit secara virtual di tengah Pandemi COVID-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Menurut Chief Business Officer PropertyGuru Group, Jeremy Williams, StoryTeller merupakan sebuah fitur yang mendigitalisasi sebuah proyek properti secara 360 derajat dengan lebih mendalam, baik interior unit-unitnya maupun suasana dan pemandangan di sekitar.

"Inovasi ini menghadirkan proyek dan hunian langsung ke hadapan pembeli properti agar mempermudah dalam melihat, memilih, dan bahkan mencatat minat untuk unit properti, berdasarkan preferensi sesuai dengan ketersediaan secara real-time," kata dia seperti dikutip dari situs Business Times, Kamis, 4 Juni 2020.

Jeremy melanjutkan, pengalaman 360 derajat yang mendalam ini diciptakan untuk merespons rencana proyek dari pengembang dengan cepat. Dengan fitur ini memungkinkan pengembang properti mulai memasarkan unitnya segera setelah proyek mereka disetujui tanpa harus menunggu pembangunan galeri penjualannya atau menunjukkan unit contoh.

Langkah-langkah penerapan PSBB melalui social dan physical distancing di tengah pandemi COVID-19 telah membentuk perilaku konsumen yang baru, termasuk ekspektasi seputar pembelian dan penjualan properti.

"Kosongnya galeri pameran dan penjualan akibat wabah tidak menutup orang-orang dalam mengeksplorasi properti di tengah era new normal. Bahkan momentum ini dapat menjadi kesempatan untuk mengembangkan inovasi properti," jelas Jeremy.

Selama bertahun-tahun, Fastkey telah mengubah proses penjualan properti menjadi ekosistem digital yang dapat menghubungkan pengembang dengan agen properti di seluruh dunia untuk meluncurkan proyek mereka dan menyediakan data didukung manajemen persediaan.

Ia menyebut agen properti dapat membawa proyek ini ke hadapan pembeli dan mempermudah pembeli untuk memilih dan mendaftar. Penambahan fitur StoryTeller membuka peluang baru untuk pencarian dan penjualan properti yang dapat dilanjutkan secara digital, dengan cara yang aman dan sangat nyaman.

Fitur StoryTeller pada Fastkey sudah dipakai oleh lima anak usaha PropertyGuru di lima negara di Asia Tenggara, yakni Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam serta 1 juta agen properti di China.

"Khusus Indonesia, Fastkey dikelola oleh Rumah.com," tegas Country Manager Rumah.com, Marine Novita. Ia menambahkan pencari properti dapat menjelajahi eksterior dan interior proyek, termasuk gambaran dari lingkungan, suasana, fasilitas, dan pemandangan jalan di sekitar proyek.

Semua ini dapat dihadirkan sebelum proyeknya selesai dan tanpa menunggu show unit dibuat. "Dengan demikian konsumen bisa membandingkan, melihat berbagai sisi, menikmati pengalaman yang realistis, dan melakukan konfigurasi sesuai keinginan mereka untuk membuat keputusan pembelian," ungkap dia.