Tekno

Google Ajak Pengguna Internet Main Game Coding Lewat Doodle Hari Ini

Google Ajak Pengguna Internet Main Game Coding Lewat Doodle Hari Ini

Dalam mendukung gerakan stay at home selama pandemi Covid-19, Google mengajak pengguna internet untuk menghilangkan rasa bosan lewat bermain game.

Google menghadirkan salah satu permainan populernya melalui doodle hari ini, Senin (27/4/2020).

Game yang dihadirkan Google pada doodle hari ini adalah sebuah permainan yang pernah populer pada 2017 lalu berjudul Coding.

Game tersebut awalnya dibuat untuk memperingati 50 tahun bahasa coding anak-anak. Doodle ini dapat ditemukan ketika pengguna mengakses laman utama Google.

"Selama pandemi Covid-19 melanda dunia, masyarakat dan keluarga pun banyak menghabiskan waktu di rumah. Oleh karena itu, kami kembali menghadirkan seri doodle berisi game interaktif populer," tulis Google dalam laman resminya.

Ketika doodle tersebut di-klik, maka pengguna bisa akan disuguhi sebuah karakter berupa seekor kelinci putih berbentuk ala animasi Minecraft.

Misi utama dalam game ini ialah mengumpulkan wortel dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya.

Cara memainkannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu memasukkan perintah berupa sejumlah kode yang berbeda.

Dengan begitu, kelinci tersebut dapat bergerak sesuai dengan perintah yang telah dimasukkan berdasarkan bahasa pemprograman yang dibuat untuk anak-anak.

Dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Google doodle, Senin (27/4/2020), doodle tersebut dikembangkan oleh tiga tim yang terdiri dari Tim Google Doodle, Google Blockly, dan peneliti dari MIT Scratch.

Selain game berjudul Coding ini, Google berencana untuk menghadirkan setidaknya sembilan game interaktif lain miliknya dalam beberapa waktu ke depan.

Kendati demikian, masih belum diketahui game apa saja yang akan Google tampilkan melalui doodle tersebut.