Tekno

Ini 4 Program Facebook untuk Wujudkan Internet Cepat di Indonesia

Ini 4 Program Facebook untuk Wujudkan Internet Cepat di Indonesia

KOMPAS.com - Guna mempercepat koneksi internet di Indonesia, Facebook menggarap empat proyek konektivitas dengan merangkul perusahaan lokal di Indonesia.

Head of Connectivity and Access Policy Facebook APAC, Tom Chottayil Varghese, mengatakan bahwa inisiatif tersebut merupakan langkah Facebook untuk menciptakan koneksi internet yang inklusif dengan dukungan teknologi terbaru.

"Facebook Connectivity bekerja dengan beberapa mitra di Indonesia untuk mengembangkan teknologi baru, model bisnis, dan kemitraan yang mampu menciptakan peluang ekonomi,"
ujar Tom dalam sesi conference call yang digelar di Jakarta pada Rabu (1/7/2020).

Public Policy Associate Manager Facebook Indonesia, Karissa Sjawaldy mengatakan bahwa, peran Facebook bukanlah sebagai penyedia layanan, melainkan penyedia ekosistem.

Facebook juga bekerja sama dengan penyedia jaringan, manufaktur peralatan, dan mitra ekosistem lainnya dalam membantu menyediakan akses internet yang lebih cepat.

"Bisnis kami berhubungan erat dengan operator jaringan dan ekosistem seluler. Kami ingin secara aktif mengembangkan ekosistem untuk membantunya tumbuh dengan kinerja jaringan yang kuat dan inovasi berkelanjutan," ujar Karissa.

Adapun keempat proyek Facebook tersebut diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Jaringan Transportasi Terbuka (Open Transport Network)

Di Indonesia, Facebook bekerja sama dengan perusahaan penyedia jaringan, Alita. Kerja sama ini dilakukan utuk membangun 3.000 kilometer kabel fiber untuk menghubungkan lebih dari 1.000 titik jaringan di Bali, Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Kerja sama ini merupakan investasi kabel fiber terbesar Facebook di Asia hingga saat ini, dan ketika proyek ini selesai, kabel fiber tersebut akan menyediakan layanan akses internet cepat ke lebih dari 10 juta orang di Indonesia," ungkap Tom.