Tekno

Ini yang Bikin Samsung Galaxy Note 10 Bisa Punya Storage Besar

Ini yang Bikin Samsung Galaxy Note 10 Bisa Punya Storage Besar

VIVA – Samsung telah resmi menghadirkan Galaxy Note 10 dengan S-Pen. Tak hanya itu, perangkat ini juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar, sampai 512 GB. Hal ini berkat adanya UFS 3.0.

UFS merupakan singkatan dari Universal Flash Storage. Ini merupakan nama dari standar storage yang memang didesain khusus untuk penyimpanan di kamera digital atau smartphone. UFS merupakan jaminan smartphone untuk bisa memiliki performa dan memori besar layaknya sebuah laptop.

Android Central menyebut jika UFS menawarkan kecepatan 'read and write' yang secara signifikan lebih cepat ketimbang embedded Multimedia Card (eMMC), sekaligus menjaga konsumsi daya lebih stabil.

UFS 3.0 bisa dibilang sebagai mobile SSD untuk smartphone.

“Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10+ memiliki UFS 3.0 di dalamnya sehingga memungkinkan perangkat itu memiliki storage cukup besar, sampai 512 GB. Bisa juga di-upgrade menggunakan memori external hingga 1TB. Kapasitas ini bahkan bisa dibilang lebih besar dari sekedar laptop biasa,” ujar M. Taufiq Furqan Produk Marketing Samsung Elektronik Indonesia, di sela workshop Samsung Galaxy Note 10 di Seoul, Korea Selatan, Rabu, 18 September 2019.

Note10+ dapat menyimpan 11 video 4K atau sekitar 22 files series TV. Dengan kapasitas internal memori yang lebih besar, smartphone dapat bekerja 4x lebih cepat dibandingkan menggunakan microSD.

Ini merupakan upaya Samsung untuk memenuhi kebutuhan smartphone yang diinginkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, riset Google 'Android Path to Purchase' dari 2018 menunjukkan bahwa pembeli smartphone di Indonesia tak hanya mencari kecepatan dan daya tahan baterai, tapi juga kapasitas memori.

Untuk urusan kecepatan, Galaxy Note 10 maupun Note 10+ dibenamkan prosesor canggih berkekuatan 64bit, 7nm. Di dalamnya juga ada fitur vapor chamber cooling system tertipis di dunia, yang memberikan kinerja optimal selama bermain game sambil menjaga perangkat tetap ramping dan sleek.

Sedangkan daya tahan baterai, Galaxy Note10+, didukung baterai 4,300 mAh dengan fitur Super Fast Charging hingga 45W, kegiatan pengguna tidak terhambat oleh karena kemampuan pengisian baterai untuk pemakaian sehari-hari, bisa di-charge kurang lebih selama 30 menit.