Tekno

Israel Bikin Alat Deteksi Gejala Corona, 6 Produsen Mobil Lagi Pasang

Israel Bikin Alat Deteksi Gejala Corona, 6 Produsen Mobil Lagi Pasang

Perusahaan sistem inpeksi dan keselamatan kendaraan dari Israel, UVeye mengembangkan sistem baru inspeksi kendaraan yang tidak memerlukan kontak langsung. Teknologi tersebut dinilai membantu dalam upaya pengecekan warga di tengah wabahnya Virus Corona COVID-19 saat ini.

Chief Executive Officer UVeye, Amir Hever mengungkapkan, pihaknya menawarkan sistem baru ini secara gratis pada bengkel armada kendaraan yang berhubungan dengan kesehatan. Armada ambulans dan polisi, serta layanan pengiriman makanan dan peralatan medis, sangat cocok dipasangi sistem ini.

"Teknologi kami dapat membantu operator armada menjaga kendaraan mereka dalam kondisi operasi yang aman, tanpa perlu pengujian atau inspeksi menggunakan tangan," ujarnya dikutip dari Autocar, Rabu 8 April 2020.

Menurutnya, sistem ini nantinya juga dapat dipasang pada dealer mobil dan markas rental kendaraan. Hal itu untuk memastikan bahwa inspeksi yang dilakukan oleh para mekanik dan pegawainya tidak terpapar virus yang kemungkinan melekat pada pemilik atau pengguna mobil yang akan di periksa.

Lebih lanjut dia mengatakan, sistem inspeksi kendaraan tersebut bisa digunakan oleh pemerintah untuk mempercepat identifikasi orang yang terpapar Corona. Teknologi pencitraan termal inframerah yang digunakan, dapat mendeteksi suhu tubuh pengendara dari jarak beberapa meter.

Komunitas Mobil Ini Bikin 'Donat' di Tengah Jalan, Ratusan Warga Heboh

Dengan demikian, setiap pengendara yang diinspeksi dapat segera melakukan tes lebih lanjut jika memang terindikasi terpapar COVID-19. Seperti diketahui, tingginya suhu tubuh atau demam menjadi salah satu ciri-ciri orang yang terpapar virus.

Haver mengatakan, pihaknya mulai pekan depan siap untuk melengkapi pos pemeriksaan drive thru Corona di seluruh dunia, khususnya di Inggris dan AS. Sistem ini pun, sudah di pesan di kedua negara tersebut.

Berkantor pusat di Stamford, Connecticut dan Tel Aviv, UVeye pun diketahui sedang bekerja untuk enam pabrikan mobil besar di dunia untuk memasang sistem ini. Khususnya di jalur perakitan dan diler yang berada di seluruh dunia.

Setelah pandemi ini berakhir, peralatan inpeksi ini pun dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan pengecekan sistem keselamatan kendaraan. Seperti kualitas ban, masalah saluran rem, kebocoran oli hingga potensi bahaya lainnya.