Tekno

Jaringan Telkomsel Diklaim Sudah Selimuti Indonesia Bagian Timur

Jaringan Telkomsel Diklaim Sudah Selimuti Indonesia Bagian Timur

VIVA – Direktur Utama Bakti, Anang Achmad Latif menjelaskan bahwa sampai saat ini yang sudah menguasai Indonesia Bagian Timur baru Telkomsel saja. Beberapa kota besar sudah ada Indosat Ooredoo, namun perusahaan operator itu masih menggunakan satelit dan belum menyeluruh. 

Kemarin Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Palapa Ring yang terbagi dalam paket barat, tengah dan timur. Sedangkan paket timur baru saja selesai pada Agustus 2019.

"Timur baru diresmikan. Rasanya belum ada yang terhubung. Dengan operator menggunakan Palapa Ring, maka masyarakat di sana akan benar-benar bisa merasakan jaringan 4G yang sesungguhnya," katanya di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.

Anang belum bisa memastikan kapan operator akan benar-benar bisa memberi layanan yang merata dengan pemanfaatan Palapa Ring. Sampai saat ini sudah ada 16 operator yang mengaku berminat manfaatkan paket timur.

Sebelum ada Palapa Ring menurut Anang, Telkomsel sudah berdarah-darah karena harus membayar sewa satelit yang harganya cukup tinggi, khususnya untuk di luar kota Jayapura, Merauke dan Sorong.

Dalam acara peresmian Jokowi juga berjanji membangun 4.000 BTS dan setengahnya akan fokus di Papua dan Papua Barat. Eksekusi 500 BTS akan terlaksana di akhir tahun ini dan 3.500 BTS akan dimulai pada 2020.

Pembangunan akan fokus ke perbatasan dan 3T (Terpencil, Terluar, Tertinggal). Saat ini pemerintah sudah mengumpulkan semua kepala dinas kabupaten dan beberapa bupati untuk menentukan lokasi pembangunan BTS.