Tekno

Kriteria Ponsel Murah yang Bisa Jalankan PUBG Mobile dengan Lancar

Kriteria Ponsel Murah yang Bisa Jalankan PUBG Mobile dengan Lancar

KOMPAS.com - Sedang mencari ponsel untuk memainkan game populer Player Unknown's Battleground (PUBG) Mobile? Anda sebenarnya tak perlu merogoh kantong dalam-dalam demi menjalankan game populer ini.

PUBG Mobile

sebenarnya bisa berjalan lancar di ponsel kelas menengah dengan harga bersahabat. Namun, ada beberapa kriteria yang mesti diperhatikan.

Berdasarkan halaman Play Store, Tencent selaku developer PUBG Mobile menyebut game k ini bisa dimainkan dengan ponsel yang memiliki sistem operasi (OS) Android 5.1.1 dan kapasitas RAM minimal 2 GB.

Ponsel-ponsel mid-range keluaran 2019 umumnya sudah memenuhi persyaratan tersebut. Tapi, untuk memastikan game bisa berjalan lancar tanpa tersendat, sebaiknya pilih smartphone dengan kapasitas RAM setidaknya 3 GB.

Tampak pada gambar, Realme 3 Pro menjalankan sistem operasi Android Pie dengan balutan Color OS 6.0.KOMPAS.com/Bill Clinten Tampak pada gambar, Realme 3 Pro menjalankan sistem operasi Android Pie dengan balutan Color OS 6.0.

Sementara dari sisi SoC (System-on-Chip), KompasTekno menyarankan pengguna melirik ponsel yang sudah dibekali dengan SoC octa-core berkecepatan setidaknya 2.0 GHz.

Misalnya, Snapdragon seri 600 (660, 675, dsb.), atau Helio P35. Ada juga Snapdragon seri 400 yang sudah bisa menjalankan PUBG dengan lancar, yakni Snapdragon 439.

Angka kecepatan clock ini, beserta kapasitas RAM tadi, bisa di lihat di kotak penjualan masing-masing ponsel atau di pengaturan ponsel yang bisa diakses lewat menu "About Phone".

Uji PUBG Mobile di Galaxy A10, Nokia 4.2, dan Redmi 6

KompasTekno coba menjalankan PUBG Mobile di tiga ponsel kelas menengah dengan SoC berbeda, yakni Exynos 7884, Snapdragon 439, dan Helio P22.

Di ponsel Samsung Galaxy A10 dengan chip Exynos 7884 (octa-core 1,6 GHz) dan RAM 2 GB, game PUBG Mobile sebenarnya bisa dimainkan dengan setting grafis "HD" dan frame rate "High".

Hanya saja, ketika di tengah permainan,  ponsel memproses render visual PUBG Mobile dengan lambat, sehingga terjadi stuttering alias gerakan terpatah-patah ketika pemain berpindah tempat di dalam peta.

Bahkan, PUBG Mobile kadang tertutup sendiri (force closed) jika ada aplikasi-aplikasi lain yang berjalan bersamaan. Galaxy A10 pun kurang nyaman untuk memainkan game tersebut.

Lain halnya ketika bermain PUBG Mobile di ponsel Nokia 4.2. Ponsel yang ditenagai dengan SoC Snapdragon 439 (octa-core 2.0 GHz) dan RAM 3 GB ini bisa menjalankan PUBG Mobile dengan stabil, menggunakan setting kualitas grafis "Balanced" dan frame rate "Medium".

Hal yang sama juga terjadi di ponsel Xiaomi Redmi 6 yang memiliki SoC Mediatek Helio P22 (octa-core 2.0 GHz) beserta RAM 3 GB. Di ponsel Xiaomi keluaran 2018 ini, game PUBG Mobile bisa dimainkan dengan lancar tanpa adanya lag dan force close.