Tekno

LG Patenkan Ponsel Lipat Dua Layar Tanpa Konektor

LG Patenkan Ponsel Lipat Dua Layar Tanpa Konektor

KOMPAS.com - Di tengah keseruan Samsung dan Huawei yang sama-sama berlomba ponsel lipat perdanan, LG telah mematenkan desain ponsel lipat bikinannya

Perusahaan asal Korea Selatan itu mengajukan sejumlah rancangan desain untuk ponsel lipat  ke kantor paten dunia (WIPO).

Salah satunya yang bernama "Z-Fold Type Foldable Smartphone" mendeskripsikan perangkat dengan dua layar yang bisa dilipat menyerupai huruf "Z", seperti tampak dalam gambar ilustrasi.

Kedua layar ponsel dalam paten LG berbeda bentuk dan ukuran. Salah satunya terlihat berbentuk persegi, lainnya persegi panjang mirip display  smartphone pada umumnya.

Ilustrasi desain ponsel lipat LGLetsGoDigital Ilustrasi desain ponsel lipat LG

Uniknya, tidak ada port atau konektor, seperti konektor USB dan 3,5mm jack, yang menyertai desain ponsel lipat ini.

Mungkin transfer data dan pengisian baterainya bakal mengandalkan teknologi nirkabel.

Modul kamera selfie dan pemindai sidik jari (fingerprint) juga tidak terlihat di desain ponsel tersebut.

Ini juga mengindikasikan bahwa LG bakal menanamkan modul-modul tersebut di bawah permukaan layar.

Masih ada sejumlah tombol di sisi-sisi ponsel, seperti tombol daya dan pengatur volume. Sebuah kamera ganda tersemat di bagian punggung.

Masih belum jelas apakah LG akan benar-benar membuat ponsel lipat ini atau tidak, mengingat hingga kini masih berupa paten.

Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari LetsGoDigital, Rabu (14/8/2019), LG diketahui telah mematenkan beberapa nama berbau ponsel lipat, yakni "Flex", "Foldi", dan "Duplex".