Tekno

Mitsubishi Xpander Buatan Cikarang Bakal Setop Diekspor ke Vietnam?

Mitsubishi Xpander Buatan Cikarang Bakal Setop Diekspor ke Vietnam?

VIVA – Xpander menjadi salah satu produk kendaran yang ditawarkan oleh merek otomotif Mitsubishi. Saat ini, mobil keluarga yang memiliki bangku tiga baris tersebut, diproduksi secara lokal di pabrik Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia di Cikarang, Jawa Barat.

Meski diproduksi secara lokal, Xpander bukan hanya ditawarkan kepada masyarakat Indonesia. Mobil ini juga menjadi salah satu produk yang diekspor ke berbagai negara, salah satunya ke Vietnam. Pengiriman mobil ke sana sudah dimulai sejak tahun lalu, dan masih berlangsung sampai saat ini.

Namun, Mitsubishi Motors Corporation sebagai induk merek otomotif berlogo Tiga Berlian itu, berencana menambah lokasi mobil Xpander. Jika saat ini hanya diproduksi di Tanah Air, maka nantinya kendaraan jenis small multi purpose vehicle itu akan lahir dari pabrik Mitsubishi Motors Vietnam Co., Ltd.

Chairman of MMC, Osamu Masuko mengatakan, pihaknya merasa tertantang untuk mengembangkan bisnis di Vietnam, memfasilitasi pertumbuhan di pasar otomotif dan ekonomi regional negara itu, termasuk dalam bidang lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia, investasi, dan transfer teknologi.

Daihatsu ungkap alasannya ogah jual mobil mungil Thor

"Kami akan berusaha untuk membuat sesuatu yang baru ini di Vietnam, yaitu memproduksi mobil berkualitas tinggi dan memuaskan lebih banyak pelanggan," ujarnya seperti dilansir dari laman resmi Mitsubishi Motors Corporation, Rabu 9 Oktober 2019.

Negara dengan julukan Vietnam Rose itu, sebelumnya juga sudah melakukan produksi Outlander Sport dengan status knock down. Saat ini, sedang dilakukan persiapan untuk memperluas produksinya untuk bisa 'melahirkan' Mitsubishi Xpander dari pabrik Mitsubishi Motors Vietnam Co., Ltd (MMV).

Sejak datang ke sana pada Oktober 2018, Xpander bisa diterima dengan baik oleh pelanggannya. Bahkan kendaraan ini menjadi tulang punggung penjualan Mitsubishi di sana, dengan jumlah total penjualannya sudah mencapai 14 ribu unit.