Tekno

Mobil Ini Bisa Cegah Kamu Kena Virus Corona, Sudah Dijual di Indonesia

Mobil Ini Bisa Cegah Kamu Kena Virus Corona, Sudah Dijual di Indonesia

Dunia dibuat heboh oleh merebaknya virus Corona baru atau Covid-19. Berawal di China, virus mematikan tersebut kini sudah menjangkiti dua warga Indonesia yang bermukim di Depok, Jawa Barat.

Kota Wuhan di China bahkan hingga saat ini kondisinya diisolasi. Warga diminta tetap berada di dalam rumah, membuat jalanan terlihat lengang bak kota mati. Warga tidak ada yang berani menggunakan mobil untuk berbelanja, karena mereka khawatir udara di dalam kabin sudah terpapar virus tersebut.

Anggapan itu tidak salah, sebab saringan udara kabin yang ada di mobil dirancang tidak untuk menahan virus atau bakteri. Kecuali, jika kamu memiliki Tesla Model X.

Dilansir dari Jalopnik, Senin 2 Maret 2020, mobil listrik yang dibuat di Amerika Serikat itu mengusung sistem penyaringan kabin canggih. Bahkan, Elon Musk sebagai pemilik perusahaan mengklaim bahwa kemampuannya setara dengan saringan High Efficiency Particulate Air.

Interior Tesla Model X

HEPA adalah standar yang dipakai oleh kalangan medis, untuk produk penyaring yang mampu menahan partikel berukuran hingga 0,3 mikron dengan efisiensi 99,97 persen. Meski ukuran coronavirus kurang dari 0,06 mikron, tapi ia membutuhkan sarana yang ukurannya jauh lebih besar untuk bisa menyebar.

Selain virus mematikan, sistem saringan udara kabin di mobil yang sudah tersedia di Indonesia ini, juga bisa digunakan di area yang terpapar asap polutan, bahkan hingga karbon hasil kebakaran hutan.

Namun, sistem tersebut hanya efektif apabila semua pintu dan kaca tertutup rapat. Fitur ini bisa diaktifkan dari jarak jauh, sehingga saat pengemudi masuk ke dalam mobil, udara kabin sudah disaring dan aman untuk dihirup.