Tekno

Mobil Masa Depan Kian Canggih, Pintunya Bisa Dibuka Pakai Handphone

Mobil Masa Depan Kian Canggih, Pintunya Bisa Dibuka Pakai Handphone

Fitur yang disematkan dalam sebuah kendaraan, bukan hanya dirancang untuk memudahkan penggunanya, tetapi mengikuti perkembangan teknologi terkini dan banyak dipakai oleh masyarakat.

Salah satu fitur yang terus berkembang dan mengikuti teknologi adalah kunci mobil. Pada kendaraan-kendaraan lawas, kuncinya masih menggunakan batangan besi yang dirancang secara khusus.

Batang kunci mobil, dimasukan ke lubang yang tersedia pada pintu, untuk membuka maupun menguncinya. Tak hanya itu, kunci yang sama bisa dipakai untuk menyalakan mesin.

Pada mobil kekinian, kuncinya sudah menggunakan sistem remote atau akrab disebut keyless. Selama kunci berada dekat mobil, membuka pintu hanya cukup menekan tombol yang ada di handle, menyalakan mesin pun dilakukan dengan menekan tombol.

Aksi 'Santuy' Pemotor di Jakarta Terobos Banjir, Gak Perlu Takut Mogok

Di masa mendatang, membuka kunci pintu mobil akan bisa dilakukan tanpa batang logam maupun remote yang disiapkan pabrikan. Fungsinya tergantikan oleh smartphone canggih, yang diracang untuk bisa membuka kunci pintu.

Melansir dari Carscoops, Senin 10 Februari 2020, Apple dikabarkan tengah merancang fitur CarKey baru, yang nantinya disematkan pada iPhone maupun Apple Watch, untuk bisa dipakai membuka kunci mobil.

Dengan Apple CarKey, pemilik mobil bisa membuka maupun mengunci pintu kendaraannya tanpa remote maupun batang kunci. Tak hanya itu, pemilik mobil juga bisa memasukan teman maupun anggota keluarga sebagai refrensi, untuk memiliki akses yang sama.

Fitur ini hanya bisa bekerja jika mobil dilengkapi teknologi komunikasi medan dekat (NFC). Pengguna, cukup memegang iPhone atau Apple Watch ke pembaca NFC, dan CarKey secara otomatis berfungsi tanpa harus menggunakan identitas Wajah.