Tekno

Muncul Pesaing Honda Forza, Namanya VMax

Muncul Pesaing Honda Forza, Namanya VMax

Jika bicara tentang sepeda motor jenis skuter matik yang memiliki bodi bongsor, maka saat ini yang banyak dibicarakan adalah Honda Forza 250 dan Yamaha XMax. Keduanya masuk dalam segmen yang sama, begitu juga dengan kapasitas mesin serta fitur yang ditawarkan.

Namun, tidak lama lagi akan muncul pesaing kedua motor yang tengah naik daun namanya itu. Dilansir dari Greatbiker, Senin 4 November 2019, motor baru yang dimaksud adalah VMax 300, buatan pabrikan asal Taiwan, Longjia.

Meski di Asia Tenggara nama itu tidak banyak dikenal, namun Longjia oleh masyarakat Taiwan dianggap sebagai salah satu merek motor terbaik yang ada saat ini.

Sejak 1996, pabrikan tersebut sudah memproduksi sepeda motor untuk dikirim ke Eropa dan Amerika Serikat dengan nama berbeda. Hingga saat ini, Longjia sudah memiliki sekitar 10 model.

VMax 300 menjadi yang terbaru. Desainnya kombinasi dari beberapa motor buatan merek Jepang, yang sudah lebih dulu laris di pasaran. Contohnya, desain fairing mirip dengan Ducati Panigale V4, sementara bagian bawahnya terinspirasi dari Yamaha Nmax.

Bagian belakang dan suspensi, tidak jauh dari Honda Forza. Motor ini dibekali mesin satu silinder berkapasitas 278cc, yang dapat menghasilkan tenaga 22 daya kuda dan torsi 23 Newton meter.

Sistem pengabutannya menggunakan model injeksi. Uniknya, blok mesin yang dipakai sama persis dengan yang dipasang di Aprilia SR Max. Tidak disebutkan berapa harganya, namun Longjia berencana memasarkan VMax 300 mulai Januari 2019.