Tekno

Nama Kamu Bisa Dikenal sampai ke Planet Mars, Tertarik?

Nama Kamu Bisa Dikenal sampai ke Planet Mars, Tertarik?

VIVA – Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA mengundang seluruh warga di dunia untuk mengirim nama mereka yang akan disematkan di bodi wahana penjelajah Mars (M2020) yang rencananya akan terbang pada Juli 2020. Wahana ini diperkirakan mendarat di Planet Mars pada Februari 2021.

"Ketika kita bersiap untuk meluncurkan misi ke Mars yang bersejarah ini kami juga ingin semua orang bisa berbagi dalam perjalanan ini," kata Associate Administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA di Washington, DC, Thomas Zurbuchen, seperti dikutip dari Space.com, Kamis, 23 Mei 2019.

Zurbuchen mengatakan syarat supaya nama kita ada di M2020 cukup mudah. Isi formulir lengkap di https://mars.nasa.gov/, sebelum 30 September 2019. Lalu, Anda akan mendapatkan 'boarding pass' ke planet merah Mars. Satu nama untuk satu orang.

Nantinya, anggota tim misi ke Mars di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, AS, akan menggunakan berkas elektron untuk mengsketsa nama-nama yang dikirimkan ke microchip dalam baris teks yang kurang dari 0,1 persen selebar rambut manusia.

"Ada sekitar satu juta nama dapat dimasukkan ke dalam satu chip," ungkap Zurbuchen. Lebih dari satu microchip mungkin diperlukan untuk menangani lonjakan permintaan.

Wahana penjelajah Mars akan mendarat di dalam Kawah Jezero seluas 28 mil (45 kilometer). Robot enam roda seukuran mobil ini akan memburu tanda-tanda kehidupan mikroba yang pernah ataupun masih hidup.

Pada akhir misinya, M2020 akan membantu NASA mempersiapkan misi pendaratan manusia pertama di Mars untuk jangka panjang.

Wahana penjelajah Mars akan melakukan pengukuran dan demonstrasi teknologi yang nantinya bakal manusia pakai selama menjalankan misi di planet merah tersebut.

Demonstrasi teknologi di sini termasuk menghasilkan sejumlah kecil oksigen murni dari karbondioksida di atmosfer.